Simpan Sabu di Buku, Ibu Rumah Tangga di Bandung Ditangkap Petugas

Agus Warsudi, Antara, Sindonews ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 19:17 WIB
Simpan Sabu di Buku, Ibu Rumah Tangga di Bandung Ditangkap Petugas

Ilustrasi sabu-sabu. (Foto: Sindo).

BANDUNG, iNews.id - Seorang ibu rumah tangga diamankan petugas Bea Cukai Bandara Husein Sastra Negara Bandung diduga menyelundupkan dua kilogram sabu. Narkoba tersebut disimpannya di dalam selipan buku novel.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea Cukai Jawa Barat (Jabar), Saifulloh Nasution, menjelaskan penangkapan itu bermula saat penumpang dari Malaysia ini tiba di bandara melewati mesin X-Ray.

"Saat koper pelaku, WB (50), diperiksa menggunakan X-Ray, petugas mencurigainya. Dugaan tersebut diperkuat dari respon anjing pelacak," kata dia kepada wartawan, Selasa (11/6/2019).

Hasilnya, ditemukan bungkusan alumunium foil berisi sabu yang disimpan di beberapa buku yang sudah dimodifikasi. Buku tersebut dibuat rongga untuk menyimpan narkoba.

Menurut dia, momen libur hari raya atau hari besar seperti lebaran ini memang kerap dimanfaatkan untuk menyelundupkan narkoba. Mereka menganggap petugas saat itu sedang lengah.

"Pelaku dan sejumlah barang buktinya telah diserahkan kepada polisi untuk proses hukum," ujarnya.

Sementara itu, WB mengaku baru pertama kali melakukan hal ini. Namun, dia tidak mengetahui barang yang dibawa berisi narkoba.

"Saya diminta untuk bawa barang dari Malaysia. Yang menyuruh saya orang Prancis, namanya Kelvin. Saya tidak dibayar," kata WB.

Polisi juga akan mengembangkan kasus ini. Menurut Dirnarkoba Polda Jabar, Kombes Pol Enggar Pareanom menyatakan, saat ini ada beberapa orang yang sudah dicurigai sebagai bandar narkoba jaringan internasional.

"Kami tidak bisa sampaikan secara detail, tapi yang jelas pengembangan sedang dilakukan," kata Enggar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal