SMP Negeri 1 Beber Cirebon Dibobol Maling, 25 Monitor dan CPU Komputer Hilang

Toiskandar ยท Kamis, 12 September 2019 - 18:18 WIB
SMP Negeri 1 Beber Cirebon Dibobol Maling, 25 Monitor dan CPU Komputer Hilang

Petugas Polsek Beber meminta keterangan penjaga sekolah SMP Negeri 1 Beber, Kabupaten Cirebon, Jabar, yang dibobol kawanan maling, Kamis (12/9/2019). (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – SMP Negeri 1 Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), dibobol kawanan pencuri, Kamis (12/9/2019). Sebanyak 25 unit monitor dan CPU komputer dibawa kabur maling yang diperkirakan lebih dari dua orang.

Kawanan pencuri masuk dengan cara merusak terali ruang laboratorium komputer dan menguras hampir seluruh perangkat komputer. Akibat pencurian ini, SMPN 1 Beber mengalami kerugian puluhan juta. Selain itu, para siswa juga terkendala untuk praktik komputer selama beberapa hari ke depan.

BACA JUGA:

Mobil Dibobol di Rest Area Tol Purbaleunyi, 3 Tas Berisi Barang Berharga Raib

Uang Pemprov Sumut Hilang Hampir Rp1,7 M, Kapolda: Kenapa Ditinggalkan di Mobil?

Petugas Polsek Beber yang menerima laporan pencurian tersebut datang ke SMP Negeri 1 Beber, Kamis siang. Sejumlah petugas mendatangi ruang laboratorium komputer.

Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah sudut ruangan untuk mencari titik masuknya kawanan pencuri. Polisi juga meminta keterangan dari penjaga sekolah yang biasa melakukan kontrol di sekolah sejak malam hingga pagi hari.

Menurut penjaga SMP Negeri 1 Beber, Omed Ahmad, aksi pencurian tersebut diperkirakan terjadi pada Kamis dini hari. Dia mengetahui pencurian itu setelah melakukan pemeriksaan rutin pada Kamis subuh.

Saat dia masuk ke ruang laboratorium komputer, dia kaget melihat kondisi ruangan acak-acakan. Setelah diperiksa, dipastikan sebanyak 25 unit monitor, 25 unit CPU, dan satu unit server CPU hilang dari ruangan.

“Saya masuk, pintu depan sudah rusak. Dari pihak sekolah mengatakan di ruangan itu ada 33 unit perangkat komputer, yang hilang 25 dan sisanya delapan,” kata Omed Ahmad.

Petugas Polsek Beber memasang garis polisi di ruang komputer SMPN 1 Beber, Kabupaten Cirebon, Jabar, yang dibobol, Kamis (12/9/2019). (Foto: iNews/Toiskandar)

Kasubag Humas Polres Cirebon Iptu Muhyidin mengatakan, dari hasil olah TKP, kawanan pencuri diduga spesialis pembobol sekolah. Para pencuri masuk dengan cara merusak jendela dan terali pintu utama ruang laboratorium komputer.

“Kami telah mengumpulkan bahan keterangan awal dan bukti-bukti untuk mengungkap kasus pencurian ini,” kata Iptu Muhyidin.

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, polisi memasang garis polisi di ruang laboratorium komputer. Petugas masih melakukan penyelidikan mendalam untuk mengungkap identitas para pelaku.


Editor : Maria Christina