Tabung Elpiji Bocor, Belasan Kios di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya Ludes Terbakar

Asep Juhariyono ยท Minggu, 08 September 2019 - 20:30 WIB
Tabung Elpiji Bocor, Belasan Kios di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya Ludes Terbakar

Belasan kios di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya ludes terbakar. Api diduga dari tabung elpiji yang bocor di salah satu kios pedagang. (Foto: iNews.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id – Kebakaran hebat melanda Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Belasan kios milik pedagang kaki lima di pasar tersebut ludes dilalap api, Minggu (8/9/2019).

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut, namun dugaan sementara akibat kebocoran tabung elpiji 3 kg.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu, namun pedagang harus mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Diperoleh informasi, kobaran api pertama kali muncul dari kios di kavling I kompleks Pasar Cikurubuk. Bangunan kios yang sebagian besar terbuat dari kayu dan bamboo, membuat kobaran api dengan cepat membesar dan membuat pedagang tidak sempat menyelamatkan barang dagangan.

Kapolsek Mangkubumi, Ipda Agus Predy mengatakan, dari hasil pendataan sementara sedikitnya ada 12 kios sayuran dan makanan yang terbakar dalam peristiwa itu.

“Ya, telah terjadi kebakaran di luar kavling satu sebanyak 12 kios milik pedagang kaki lima. Tidak ada korban jiwa dugaan sementara konsleting atau kemungkinan dari kompor gas,” katanya.

BACA JUGA:

Puluhan Kios di Pasar Karuwisi Makassar Ludes Terbakar

Pasar Tradisional di Sluke Rembang Terbakar, Puluhan Kios Ludes Dilalap Api

Dia mengatakan, kobaran api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian setelah petugas damkar Kota Tasikmalaya tiba di lokasi dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran.

“Penyebab pasti kebakaran masih kami selidiki, namun dugaan sementara api berasal dari kebocoran tabung elpiji 3 kilogram. Dari lokasi kejadian diamankan sejumlah tabung elpiji yang sudah hangus terbakar,” katanya.

Korban kebakaran, Rosita menuturkan, dalam hitungan kurang dari 1 jam belasan kios termasuk kios tahu miliknya hangus terbakar.

“Saya juga tidak sempat menyelamatkan barang dagangan karena api cepat membesar. Saya tidak tahu awal api dari mana, masih simpang siur soalnya api cepat membesar,” ucapnya.

Selain menghanguskan belasan kios, empat ekor domba milik pedagang yang berada di sekitar kios mati terpanggang.


Editor : Kastolani Marzuki