Tekan Kejahatan Jalanan, Pemkot Bandung Bakal Tambah Fasilitas CCTV

Yogi Pasha ยท Senin, 03 Desember 2018 - 14:37 WIB
Tekan Kejahatan Jalanan, Pemkot Bandung Bakal Tambah Fasilitas CCTV

Kepala Diskominfo Kota Bandung Ahyani Raksanagara. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan penambahan fasilitas kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik 2019 mendatang. Pengadaan ini untuk membantu polisi dalam mengungkap kasus kejahatan jalanan.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pemkot akan menambah anggaran pengadaan CCTV. Langkah itu sebagai bentuk memberikan rasa aman bagi warga Bandung saat beraktivitas.

Menurutnya, rencana penambahan CCTV itu hasil komunikasi bersama Kapolrestabes Bandung. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi kejahatan jalanan, serta meningkatkan keamanan di wilayah perkotaan.

"Saya sudah ngobrol dengan kapolrestabes. Insya Allah kami akan terus meningkatkan keamanan. Kami akan tambah fasilitas CCTV," kata Oded di Balaikota Bandung, Senin (3/11/2018).


BACA JUGA:

Progam Kangpisman, Ketika Sampah Bisa Ditukar Emas dan Modal Naik Haji

Berduka Atas Kasus Begal di Bandung, Oded Minta Pelaku Ditangkap


Dia mengungkapkan, saat ini kebutuhan CCTV di Kota Bandung memang masih jauh dari kebutuhan ideal. Namun pemkot akan terus berupaya meningkatkan keamanan dengan berbagai cara lainnya.

"Tentu akan menjadi catatan bagi kami untuk meningkatkan fasilitas keamanan. Termasuk dengan anggarannya," ujar Oded.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bandung Ahyani Raksanagara menuturkan, pada 2018 Pemkot Bandung telah menyediakan anggaran Rp5 miliar untuk pengadaan CCTV. Namun, jumlah anggaran itu digunakan sejumlah dinas untuk pemasangan CCTV sesuai dengan kebutuhan.

"Jadi totalnya Rp5 miliar. Itu penganggaran dari Bapelitbang dengan kode rekening yang sama. Tapi, kalau di Diskominfo, kami hanya menambah 20 titik dengan jumlah 42 CCTV, anggaran Rp798 juta. Karena CCTV ada yang dibeli Dishub, Satpol PP, DPU, Diskominfo, dan lain lain. Anggaran ini juga sebenarnya bukan hanya untuk pembelian barang baru, tapi juga sudah dengan pemeliharaan," ujar Ahyani.


Editor : Donald Karouw