Terduga Teroris di Cibinong Pernah Ajak Teman Sesama Juru Parkir untuk Jihad

Wildan Hidayat ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 19:36 WIB
Terduga Teroris di Cibinong Pernah Ajak Teman Sesama Juru Parkir untuk Jihad

Polisi memasang garis polisi di lokasi penangkapan terduga teroris E alias AF alias Pak Jenggot di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Bogor, Jabar, Sabtu (18/5/2019). (Foto: iNews/Wildan Hidayat)

CIBINONG, iNews.id – Terduga teroris berinisial E alias AF alias Pak Jenggot (50) yang ditangkap di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (17/5/2019) siang, pernah mengajak sesama juru parkir untuk mengikuti jejaknya berjihad. Namun, ajakan itu ditolak teman-temannya.

Salah satu juru parkir, Rikho mengatakan, ajakan tersebut disampaikan  E kepada beberapa juru parkir di minimarket tempat mereka bekerja pada 2013 lalu. Selain ikut pengajian, E mengajak mereka ikut pelatihan tentang jihad. Bahkan, terduga teroris dari jaringan ISIS itu mengajak para juru parkir mengikuti latihan paramiliter di hutan di kawasan Jabar.

“Dia biasa main ke sini sama temannya. Dia bilang, ikut pengajian atuh makanya. Saya bilang, enggak ah, saya masih enggak benar orangnya. Trus dia bilang latihan perang aja, ikut-ikut, orang kita latihan doang, gitu katanya,” kata Rikho di Cibinong, Sabtu (18/5/2019).


BACA JUGA: Terduga Teroris Jaringan ISIS Ditangkap di Bogor, Densus Sita Bahan Peledak


Pengakuan rekan terduga yang sempat diajak latihan perang mengatakan, E juga sempat beberapa kali mengarahkan remaja-remaja jalanan atau yang terlihat sering mengeluh dalam keseharian untuk mengikuti kegiatannya.

E yang bertugas sebagai perakit bom dalam jaringan ISIS ini bahkan sempat membahas mengenai Pemilu 2019. E dan jaringannya ingin melakukan pengeboman saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang fokus menggelar pleno hasil rekapitulasi pemungutan perolehan suara Pemilu 2019. Namun, banyak temannya menolak ajakan itu karena takut.

Sementara itu dari pantauan iNews, hingga Sabtu siang, Tim Densus 88 Antiteror masih mencari dan berusaha mengamankan bahan material pembuatan bom di rumah terduga teroris E alias AF alias Pak Jenggot di Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Bogor.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo sebelumnya mengatakan, penangkapan E merupakan hasil pengembangan dari informasi oleh tersangka THB yang ditangkap di Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2019).

Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky mengatakan, dari penangkapan terduga teroris E di rumahnya, polisi mendapati barang bukti berbagai macam bahan kimia untuk merakit bom, berbagai jenis senjata tajam, detonator, buku merakit bom serta buku jihad.


Editor : Maria Christina