Terima Suap, Eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein Terancam 20 Tahun

Yogi Pasha ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 13:19 WIB
Terima Suap, Eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein Terancam 20 Tahun

Mantan Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husen memakai rompi tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7). (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)

BANDUNG, iNews.id – Mantan (eks) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Kota Bandung Wahid Husein terancam pidana hukuman penjara selama 20 tahun. Hal itu terungkap dalam sidang perdana kasus suap pelayanan narapidana (napi) di Lapas Sukamiskin yang digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (5/12/2018).

Jaksa KPK Trimulyono mengatakan, terdakwa Wahid Husein diduga telah terlibat dalam kasus suap pelayanan narapidana (napi) di Lapas Sukamiskin Kota Bandung sejak Maret hingga Juli 2018. Di mana terdakwa mendapat suap untuk memberi  fasilitas mewah kepada sejumlah napi di dalam tahanan, serta memberikan kebebasan keluar-masuk penjara.

"Terdakwa bekerja dibantu anak buahnya Hendry Saputra," kata Trimulyono, dalam pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (5/12/2018).


BACA JUGA:

Begini Kronologi Lengkap OTT Kalapas Sukamiskin oleh KPK

Mantan Kalapas Sukamiskin Dipindahkan ke Rutan Kebonwaru


Dia mengungkapkan, dalam tindakan tersebut, terdakwa Wahid Husein telah memperkaya diri pribadi dengan menerima suap dari sejumlah napi seperti Fahmi Darmawangsyah, Tubagus Chaeri alias Wawan dan Fuad Amin.

Terdakwa Wahid Husein dijerat Pasal berlapis yakni Pasal 11 dan Pasal 12 Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Terdakwa terancam hukuman 20 tahun penjara karena diduga terlibat dalam kasus suap pelayanan napi Lapas Sukamiskin saat masih menjabat sebagai kalapas.

Sementara itu, terdakwa Wahid Husein yang duduk di kursi pesakitan serta didampingi sejumlah pangacara terlihat hanya mendengarkan dakwaan yang dibacakan Jaksa KPK. Terdakwa juga tidak mengajukan eksepsi.

Bahkan, ketika sejumlah awak media meminta komentar atas tuntutan jaksa dengan hukuman 20 tahun penjara, terdakwa lebih memilih diam. Mantan Kapalas Sukamiskin ini menyerahkan seluruhnya terhadap hasil persidangan.

Sidang perdana yang melibatkan eks Kalapas Sukamiskin ini akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembuktian Jaksa KPK. Persidangan tersebut dipimpin Hakim Ketua Daryanto.

Diketahui eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Jumat (20/7/2018). Petugas KPL mengamankan Wahid di kediamannya, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

KPK menetapkan Wahid sebagai tersangka kasus suap penyalagunaan fasilitas, pemberian izin luar biasa, dan pemberian lainnya kepada para penghuni Lapas Sukamiskin. KPK juga menetapkan status tersangka terhadap Hendry, Fahmi, dan Andri. Dalam kasus ini, Fahmi dan Andri berperan sebagai pemberi suap kepada Wahid dan Hendry.


Editor : Donald Karouw