Tol Cikampek Utama Macet Panjang Minggu Pagi, Jasa Marga Berlakukan One Way

Irwan ยท Minggu, 02 Juni 2019 - 09:26 WIB
Tol Cikampek Utama Macet Panjang Minggu Pagi, Jasa Marga Berlakukan One Way

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama yang padat dengan kendaraan pemudik. (Foto: iNews/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id – Memasuki H-3 arus mudik Lebaran 2019, kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) di Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), Minggu (2/6/2019) pagi. Jasa Marga merespons dengan memberlakukan one way pada pukul 06.14 WIB, mulai dari Kilometer (KM) 70 hingga KM 414 di Gerbang Tol Kali Kangkung.

Pantauan iNews, terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik dari arah Jakarta menuju Cirebon. Ribuan kendaraan yang didominasi mobil pribadi ini mengalami perlambatan di depan pintu keluar gerbang tol peralihan dari Cikarut. Antrean kendaraan pemudik tampak mengular bahkan hingga Karawang Timur.

Kemacetan ini sebenarnya sudah terjadi sejak malam hari. Selain tingginya volume kendaraan yang melintas, lamanya transaksi pembayaran tol juga masih jadi kendala.

BACA JUGA: Hindari Macet di Kalikangkung, Pemudik Pilih Keluar lewat Pintu Tol Weleri

“Sudah macet dari Kilometer (KM) 54 di Karawang. Niat kami mudik hari ini untuk hindari macet tapi ternyata sama saja,” ujar Ajril, seorang pemudik.

Senada disampaikan Najmudin, pemudik asal Bekasi yang tak menduga terjebak kemacetan cukup parah pada H-3 ini. Dia mengaku, kendaraannya sudah terjebak perlambataan sejak di Tol Jakarta-Cikampek.

“Kurang lebih macetnya sampai 20 KM. Sudah padat dari Karawang Timur. Ternyata hari ini (H-3) malah lebih macet,” katanya.

Diprediksi kepadatan arus kendaraan pemudik ini akan terus terjadi hingga H-1. Lokasi rest area juga menjadi titik kemacetan karena banyaknya antrean kendaraan.


Editor : Donald Karouw