Tol Palimanan Cirebon Macet Lebih dari 10 Km, Petugas Buka 26 Gardu

Toiskandar ยท Sabtu, 01 Juni 2019 - 14:49 WIB
Tol Palimanan Cirebon Macet Lebih dari 10 Km, Petugas Buka 26 Gardu

Ribuan mobil mengular di pintu Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Memasuki puncak arus mudik H-4 Lebaran, ribuan kendaraan dari arah Jakarta mengular hingga lebih dari 10 kilometer (km) di pintu Gerbang Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (1/6/2019). Untuk mengantisipasi penumpukan volume kendaraan, petugas membuka penuh gardu pembayaran berjumlah 26 gardu.

Dari pantauan iNews, iring-iringan kendaraan pemudik terpaksa berjalan lambat saat di pintu Gerbang Tol Palimanan, Sabtu siang. Ribuan kendaraan dari arah Jakarta ini mengular hingga Tol Sumberjaya Majalengka. Kendaraan yang didominasi mobil pribadi ini hanya dapat melaju maksimal 20 km, bahkan sesekali tidak bisa bergerak saat hendak melakukan transaksi e-tol.

BACA JUGA:

H-4 Lebaran, Tol Cipali Subang Macet Belasan Kilometer

Mobil Mogok Picu Antrean Kendaraan hingga 3 Km di Tol Kanci-Pejagan Cirebon

Lambatnya transaksi di loket pembayaran ditambah meningkatnya jumlah volume kendaraan pemudik, membuat petugas membuka penuh gardu pembayaran sebanyak 26 loket.

Selain itu, petugas juga memberlakukan sistem one way dengan memprioritaskan kendaraan menuju arah Jawa. Sistem ini diterapkan mulai dari km 70 hingga km 263 Brebes, Jawa Tengah. Petugas mengaku sistem ini telah diterapkan sejak pukul 08.00 WIB tadi. Namun, petugas belum dapat memprediksi hingga kapan sistem ini akan diberlakukan.

Data dari petugas tol, hingga Sabtu siang tadi, jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Palimanan telah mencapai lebih dari 71.736 kendaraan. Hari ini diprediksi menjadi puncak arus mudik tahun 2019.

Arus mudik diprediksi akan meningkat hingga Sabtu malam dan Minggu besok (2/6/2019). Pengelola tol mengimbau agar para pemudik terlebih dahulu mengisi saldo e-tol untuk mempercepat transaksi di Gerbang Tol Palimanan.


Editor : Maria Christina