Truk Tangki BBM Terbakar di Pantura Cirebon, Arus Lalu Lintas Macet Panjang

Toiskandar ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 20:24 WIB
Truk Tangki BBM Terbakar di Pantura Cirebon, Arus Lalu Lintas Macet Panjang

Truk tangki BBM yang mengangkut 24.000 liter bensin dan solar terbakar di ruas Jalur Pantura Cirebon, Jawa Barat. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Kemacetan panjang terjadi di ruas jalur utama Pantura Arjawinangun hingga Tegalkarang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (10-/8/2019).

Kemacetan terjadi menyusul terbakarnya truk tangki Pertamina di ruas jalur tersebut. Petugas gabungan dari Pertamina, Polres Cirebon dan pemadam kebakaran harus berhati-hati memindahkan bangkai truk tangki yang masih terisi penuh bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 24.000 liter bensin dan solar. 

Ribuan kendaraan dari arah Jakarta menuju kota-kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah harus berjalan merayap saat melintasi bangkai truk tangki Pertamina yang terbakar.

Petugas Satlantas Polres Cirebon kemudian memberlakukan sistem buka tutup atau contra flow untuk mengurai kepadataan kendaraan yang semakin panjang.

Selama hampir enam jam, petugas gabungan berupaya memindahkan tangki ke tempat yang lebih aman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Peristiwa terbakarnya tangki BBM bermuatan 24.000 liter bensin dan solar ini berawal saat truk yang dikemudikan Dadan Sukarna mengalami pecah ban dan tidak berfungsinya rem bagian belakang.

“Sopir tangki ini kemudian berinisiatif menepikan kendaraannya, tapi justru ada percikan api yang dengan cepat membesar dan membakar roda belakang,” kata Kani Lakalantas Polres Cirebon, Iptu Endang Kusnandar.

Saat ini, upaya evakuasi bangkai truk tangki masih terus dilakukan petugas dengan mendatangkan derek berukuran besar. Kasus itu kini masih diselidiki petugas Satlantas dan Pertamina.


Editor : Kastolani Marzuki