Waspada Gempa Susulan di Sukabumi, Ini Imbauan PVMBG

Kastolani ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 19:30 WIB
Waspada Gempa Susulan di Sukabumi, Ini Imbauan PVMBG

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

SUKABUMI, iNews.id - Masyarakat diminta tetap tenang dan mengikuti arahan dari pemerintah daerah serta badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) terkait gempa berkekuatan 5,4 skala richter (SR) yang mengguncang Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) dan sekitarnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan, gempa ini tidak menyebabkan tsunami, meskipun berpusat di laut. Namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi gelombang laut.

"Tapi, masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil," seperti tertulis dalam keterangan PVMBG yang dikutip iNews, Selasa (8/1/2019).

BACA JUGA: Gempa Tektonik Berkekuatan 5,4 SR Guncang Sukabumi, Terasa di Bandung

Guncangan gempa bumi dirasakan di sejumlah daerah Provinsi Jabar. PVMBG mencatat, dampak gempa ini dirasakan hingga Pos Pengamatan Gunung Salak (Kabupaten Sukabumi), Gunung Gede (Kabupaten Cianjur), Gunung Tangkuban Perahu (Kabupaten Subang) dan Gunung Guntur (Kabupaten Garut).

Di sejumlah daerah tersebut, gempa dirasakan dengan intensitas II MMI (Modified Mercalli Intensity). Namun, dari catatan BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan di Kota Sukabumi dan Pelabuhan Ratu dengan intensitas III MMI. Lalu di Kota Bandung sebesar II-III MMI.

"Sedangkan di Kabupaten Pangandaran, Lembang, Cibareno dan Lebak dengan intensitas II MMI," tulis keterangan PVMBG.

BACA JUGA: Gempa Sukabumi Terasa hingga Garut, Warga Berlarian Keluar Rumah

Sementara ini, belum ada informasi mengenai kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini. Namun guncangan tersebut sempat menimbulkan kepanikan masyarakat di sejumlah daerah, salah satunya di Kabupaten Garut. Warga kaget dan spontan berhamburan ke luar rumah.

Dalam keterangan BMKG, gempa tersebut berkekuatan 5.4 SR. Lokasi berada di 113 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi, Jabar dengan kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, titik gempa berada pada jalur kegempaan (Zona Benioff). Gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal