10 Muharram, Ini 12 Amalan di Hari Asyura yang Perlu Dilakukan

Kastolani ยท Senin, 09 September 2019 - 23:09 WIB
10 Muharram, Ini 12 Amalan di Hari Asyura yang Perlu Dilakukan

PCNU Kendal memberikan santunan kepada anak yatim di Desa Wonosari, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal untuk menyambut 10 Muharram atau Asyura. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan dan ibadah.

Dalam Kitab I’anatut Tholibin disebutkan, pada hari Asyura banyak terjadi peristiwa besar di antaranya diterimanya taubat Nabi Adam as, diselamatkannya Nabi Musa dari kejaran Fir’aun di Laut Merah, diampuni dosanya Nabi Muhammad sebelum dan sesudahnya, dan diselamatkannya Nabi Nuh dari bencana banjir besar.

BACA JUGA:

15 Peristiwa Penting Para Nabi yang Terjadi pada 10 Muharram

Keutamaan Puasa Asyura, Pahalanya Bisa Menghapus Dosa-Dosa Selama Setahun

Dinuqil dari sebagian Afadlil (orang-orang yang biasa melakukan hal yang paling utama), bahwa amalan-amalan pada hari Asyura ada 12 macam.

1. Salat dan yang paling utama adalah salat tasbih.

Salat tabih disunnahkan untuk dilakukan berdasarkan riwayat Sayyidina Abbas RA. Salat sunnah tasbih cukup penting karena mengandung keutamaan khusus. Shalat sunnah ini baiknya diamalkan sehari, sepekan, sebulan, setahun sekali, atau kalau juga tidak sempat minimal seumur hidup sekali.

Salat tasbih dilakukan dengan empat rakaat dan dua kali salam. Berikut lafal niatnya.

Ushallai Sunnata tasbiihi rak’ataini lillahi ta’aala. (Aku menyengaja salat sunah tasbih dua rakaat karena Allah Ta’ala).

Menghidupkan malam Asyura dengan salat sunah seprti ibadahnya makhluk yang ada di Langit. Barang siapa yang melaksanakn salat sunah pada malam Asyura, Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama 50 tahun.

2. Puasa Asyura

Puasa asyura merupakan puasanya para nabi. Tentang keutamaan puasa ‘Asyura Ibnu Abbas menyatakan: “Saya tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa pada suatu hari karena ingin mengejar keutamaannya selain hari ini (‘Asyura) dan tidak pada suatu bulan selain bulan ini (maksudnya: bulan Ramadhan)." (HR. Al-Bukhari.)

3. Sedekah

Memberi keleluasaan kepada keluarga (seperti dengan memberi nafkah lebih dari hari-hari biasanya)

4. Mandi.

Ketumaan mandi di pada hari Asyura akan dibebaskan dari penyakit selama satu tahun.

5. Mengunjungi orang ‘alim yang saleh

6. Menengok orang sakit

Menjenguk orang sakit pada hari Asyura, maka seakan-akan mengunjungi seluruh orang sakit dari anak cucu Adam.

7. Mengusap kepala anak yatim

Barang siapa yang mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik kepada mereka seolah-olah telah berbuat baik kepada seluruh anak yatim dari anak cucu adam.

8. Bercelak

Kesunahan bercelak pada hari Asyura salah satu manfaatnya akan dijauhkan dari penyakit mata.

9. Memotong kuku

10. Membaca Surat Al Ikhlash 1.000 kali

11. Silaturahim

Bersilaturahim sejatinya tidak hanya dilakukan pada hari Asyura, namun bersilaturahim pada hari itu memiliki banyak keistimewaan.

12. Berziarah ke Orang Saleh

Sumber: 

http://www.piss-ktb.com/2012/02/757-puasa-puasa-asyura.html

Kitab I’anatut Tholibin: Juz 2.


Editor : Kastolani Marzuki