100 Hektare Lahan di Gunung Merbabu Ludes Terbakar

Taufik Budi ยท Rabu, 17 Oktober 2018 - 00:17 WIB
100 Hektare Lahan di Gunung Merbabu Ludes Terbakar

Petugas gabungan berupaya memadamkan api yang membakar kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Merbabu Boyolali dan Semarang, Jateng. (Foto: Dok.iNews.id)

SEMARANG, iNews.id - Kebakaran hebat yang melanda sejumlah lahan dan hutan di kawasan Gunung Merbabu terus membesar dan belum dapat diatasi. Sedikitnya api saat ini telah menghanguskan 100 hektare lahan yang ada di sisi barat gunung tersebut.

“Dari penjelasan pihak Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) tadi sudah 100 hektare lebih yang terbakar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Heru Subroto, Selasa (16/10/2018).

Menurutnya, upaya pemadaman terus dilakukan dengan melibatkan puluhan personel gabungan TNI, Polri, dan relawan. Pemadaman hanya mengandalkan peralatan seadanya untuk melokalisasi api agar tak cepat merambat ke dearah lain.

BACA JUGA: BPBD Semarang Ajukan Heli Water Bombing Atasi Kebakaran Hutan Merbabu

“Mereka terus mengupayakan yang terbaik agar api tak menyebar dengan cepat. Saat ini juga sedang dilangsungkan rapat pembentukan Satgas Darurat Bencana,” ujarnya.

Dia menambahkan, hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah Kota Semarang pada Senin (15/10) malam tak terjadi di lokasi titik api. "Hujan hanya di daerah Ungaran, tapi di Gunung Merbabu tak hujan,” tuturnya.

Tidak ada pendaki yang berada di kawasan hutan mau pun puncak Gunung Merbabu saat ini. Semua jalur pendakian Gunung Merababu telah ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.


Editor : Donald Karouw