De Tjolomadoe, Pabrik Gula yang Kini Jadi Objek Wisata Kekinian

iNews ยท Minggu, 09 September 2018 - 20:17 WIB
De Tjolomadoe, Pabrik Gula yang Kini Jadi Objek Wisata Kekinian

KARANGANYAR, iNews.id - Festival Pesona Lokal (FPL) sukses digelar di Solo Raya, Minggu (9/9/2018). Mengambil lokasi di area De Tjolomadoe, banyak pengunjung terkesima dengan museum pabrik gula yang disulap menjadi objek wisata.

Pabrik Gula Tjolomadoe dibangun pada 1861. Lalu dikembangkan pada 1928, dengan melakukan perombakan pada desain arsitektur bangunan dan perluasan area.

Revitalisasi pembangunan eks PG Tjolomadoe mulai dilaksanakan pada April 2017 dan beroperasi mulai 24 Maret 2018. Kini, kawasan De Tjolomadoe memiliki fungsi sebagai culture center, convention dan commercial area dengan tetap mempertahankan kekayaan historical yang ada.

Kalau tidak ada event, jumlah pengunjung yang datang sekitar 2.000-3.000 orang. Namun ketika ada event, bisa jauh dari itu jumlahnya. Itu pula yang terlihat selama gelaran Festival Pesona Lokal Solo Raya.

Sejak pagi hingga sore, pengunjung yang datang di kawasan Tjolomadoe lebih dari 5.000 orang. Mereka sangat terhibur melihat beragam perlombaan dan hiburan dari penyanyi Zaskia Gotik dan Resa Lawangsewu.

Acara FPL Solo Raya ini merupakan kerja sama antara Adira, iNews, Kementerian Pariwisata. Setelah Solo, ada tujuh kota lagi yang menjadi tuan rumah FPL seperti Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang, dan Jakarta.

 


Editor : Yudistiro Pranoto