KH Bukhori Masruri, Ulama NU dan Pengarang Lagu Perdamaian Wafat

Kastolani ยท Kamis, 17 Mei 2018 - 16:33 WIB
KH Bukhori Masruri, Ulama NU dan Pengarang Lagu Perdamaian Wafat

KH Bukhori Masruri dalam salah satu pengajian. (Foto: istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Inna lillahi wa inna ilaihi raajiun. Umat Islam khususnya warga Nahdatul Ulama (NU kembali berduka dengan wafatnya KH Bukhori Masruri.

Dikutip dari NU Online, Mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah yang juga pengarang lagu-lagu Nasida Ria ini meninggal dunia hari ini, Kamis (17/5/2018) di Semarang.

Dalam lagu “Perdamaian” yang sangat terkenal itu, almarhum tidak menggunakan nama aslinya melainkan nama samaran Abu Ali Haedar. Lagu tersebut melegenda, bahkan salah satu pentolan grup band Indonesia, Gigi, mengaransemen ulang lagu tersebut dalam album Raihlah Kemenangan pada 2005 lalu. Lagu itu pun mendapat sambutan positif masyarakat.

Selain Perdamaian, beberapa karya lagu almarhum di Nasida Ria yang melejit di antaranya Dunia Dalam Berita, Damailah Palestina, Tahun 2000, Merdeka Membangun, Wartawan Ratu Dunia, Lingkungan Hidup, dan masih banyak lagi. 

KH Bukhori cukup lama berkhidmat di NU khususnya di Jawa Tengah. Almarhum merupakan santri KH Ali Maksum Krapyak, Rais Aam PBNU 1981-1984. Pada tahun 2016, Kiai Bukhori menjadi penceramah dalam haul ke-27 KH Ali Maksum.

Jenazah almarhum sore ini langsung dimakamkan di pemakaman umum Bumi Wanamukti Semarang. Ratusan pelayat tampak mengiringi pemakaman jenazah. Gubernur Jateng nonaktif Ganjar Pranowo terlihat hadir untuk memberikan penghormatan terakhir terhadap kiai NU tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki