15 Desa di Magelang Hujan Abu Letusan Gunung Merapi

Angga Rosa, Sindonews ยท Kamis, 24 Mei 2018 - 07:37 WIB
15 Desa di Magelang Hujan Abu Letusan Gunung Merapi

Angin bertiup ke arah barat daya membawa abu letusan Gunung Merapi ke wilayah Magelang. (Foto: dok iNews.id)

MAGELANG, iNews.id - Gunung Merapi kembali meletus Kamis (24/5/2018) tepatnya  pukul 02.56 WIB. Ketinggian kolom abu vulkanik pada letusan diri hari tadi mencapai 6.000 meter dan bertiup condong ke arah barat.

Dampaknya, 15 daerah di wilayah Kabupaten Magelang terjadi hujan abu. Ke-15 daerah daerah tersebut, yakni Tegalrandu, Sumber, Dukun, Ngadipuro, Banyubiru, Muntilan, Kota Mungkid, Menayu, Kalibening, Borobudur, Salaman, Tempuran, Sedayu, Sawangan, dan Mungkid.

Daerah terparah yang mengalami hujan abu adalah Kecamatan Dukun. Namun, warga belum diharuskan mengungsi. Hanya beberapa warga dilaporkan mengungsi secara mandiri.

BACA JUGA: Gunung Merapi Meletus, Ada Visual Pijar Warna Merah dan Suara Gemuruh

Pengelola Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Kristian mengatakan, saat terjadi letusan terdengar suara gemuruh dari pos pengamatan Selo. Dari tempat tersebut juga terlihat kepulan asap dan pijar visual berwarna merah di belakang awan mendung.

“Hingga saat ini, status Merapi masih waspada,” kata Kristian, Kamis (24/5/2018).

Dia mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di daerah kawasan rawan bencana (KRB) untuk tidak panik dan tetap tenang, serta selalu wasapada dalam beraktivitas.

“Gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi saat beraktivitas di luar ruangan. Pantau terus perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya (BPPTKG, BMKG, BNPB, BPBD),” ucapnya.


Editor : Donald Karouw