15 Hektare Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di Boyolali Terbakar

Tata Rahmanta ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 19:21 WIB
15 Hektare Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu di Boyolali Terbakar

Puluhan petugas gabungan berupaya memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu Boyolali. (Foto: iNews.id/Tata Rahmanta)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BOYOLALI, iNews.id – Kebakaran melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) di lereng Desa Jeruk, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (12/10/2018).

Belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan 15 hektar (ha) lahan hutan tersebut. Namun dugaan sementara api berasal dari lahan pertanian warga yang dengan cepat menyebar ke kawasan TNGM akibat kencangnya tiupan angina.

Pantauan iNews di lokasi, asap tebal dampak dari kebakaran hutan TNGM tampak membubung tinggi menyelimuti lereng Merapi bagian timur. Diduga api berasal dari lahan pertanian yang berada di bawah lokasi kebakaran hutan tepatnya di titik SPTN II Jeruk Resort II Selo, Boyolali.

Kencangnya tiupan angin menyebabkan kebakaran yang melanda kawasan tersebut semakin meluas. Terlebih, di lereng tersebut banyak tumbuhan semak yang sudah mongering akibat kemarau.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Gunung Sindoro Semakin Meluas

Petugas gabungan TNI dan Polri, serta Taman Nasional Gunung Merbabu berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, upaya itu mengalami kendala akibat minimnya peralatan dan lokasi kebakaran yang berada di lereng dan sulit dijangkau.

Petugas Taman Nasional Gunung Merbabu, Johan Setiawan mengatakan, informasi sementara api yang membakar kawasan hutan TNGM berasal dari lading warga. “Informasinya seperti itu, tapi masih kita selidiki lagi lebih lanjut,” katanya.

Menurut Johan, upaya pemadaman api melibatkan personel gabungan TNI/Polri dan masyarakat dengan peralatan seadanya. “Kami juga sudah melokalisir api dengan membuat api agar tidak menyebar ke kawasan lainnya,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki