Hasil Akhir Quick Count Indo Barometer: Ganjar-Yasin Menang di Jateng

Antara, Kastolani ยท Rabu, 27 Juni 2018 - 17:01 WIB
Hasil Akhir Quick Count Indo Barometer: Ganjar-Yasin Menang di Jateng

Cagub petahan Jateng Ganjar Pranowo bersama istri saat mencoblos TPS 02, Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Rabu (27/6/2018) pagi. (Foto: Antara)

SEMARANG, iNews.id – Pasangan Cagub-Cawagub Jateng nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen berhasil memenangkan Pilgub Jateng versi hitung cepat (quick count) Indo Barometer.

Hingga pukul 16.45 WIB, dengan jumlah suara masuk 100 persen, Ganjar-Taj Yasin yang diusung, PDIP, NasDem, PPP, Demokrat, Golkar,d an Partai Perindo unggul dengan perolehan suara 56,74 persen, sementara Sudirman-Ida Fauziyah yang didukung, PKB, Gerindra, PKS, dan PAN memperoleh suara 43,26 persen.

Sebelumnya, Calon Gubernur petahana Jateng, nomor urut 1 Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atiqoh menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Rabu (27/6/2018) pagi. Menuju TPS, Ganjar dan istri kompak mengenakan baju warna putih.

Sementara Sudirman Said memilih berada di daerah kelahirannya di Brebes, saat pemungutan suara. Meski tak mencoblos karena masih tercatat sebagai warga DKI Jakarta, Sudirman beserta istri, Astried Swastika Ayuningtyas mengunjungi TPS 20 di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Seusai mencoblos, Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat karena tahapan Pilgub Jateng 2018 berupa kampanye hingga pemungutan suara berjalan dengan aman.

"Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, termasuk para petugas keamanan, saya juga sampaikan terimabkasih kepada seluruh pendukung, baik pendukung Ganjar-Yasin maupun pendukung Pak Dirman dan Mbak Ida," kata Ganjar di Semarang.

Politikus PDI Perjuangan itu juga memohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama masa kampanye Pilgub Jateng ada pihak yang tidak berkenan di hati, khususnya kepada pasangan Cagub Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Ganjar mengaku bangga karena Provinsi Jawa Tengah dinyatakan sebagai provinsi yang sangat aman terkait dengan penyelenggaraan pilkada.

"Ini dukungan kawan-kawan pers juga, pemberitaannya baik, bahwa ada satu atau dua (masalah) itu yang harus kita luruskan, tapi hari ini kita senang proses demokrasi bagus, kelihatan betul maturitas demokrasi dan ini cukup memberikan pendidikan politik buat kita semua," ujarnya.



Editor : Kastolani Marzuki