Meriahkan HUT Bhayangkara, Penarik Becak di Slawi Beradu Kecepatan

Yunibar · Kamis, 12 Juli 2018 - 01:31 WIB

Sejumlah penarik becak beradu kecepatan dalam lomba becak memeriahkan HUT bhayangkara di Lapangan Kalibliruk, Slawi, Kabupaten Tegal, Jateng, Rabu (11/7/2018). (Foto: iNews.id/Yunibar)

SLAWI, iNews.id - Puluhan penarik becak saling beradu kecepatan dan ketangkasan dalam lomba balap becak di Lapangan Kalibliruk, kompleks Asrama Polisi Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/7/2018). Kegiatan tersebut digelar Polres Tegal untuk memeriahkan perayaan HUT ke-72 Bhayangkara.

Aksi puluhan penarik becak itu mendapat sambutan meriah warga maupun polisi. Terlebih, saat mereka harus melewati lintasan dari garis start hingga finis sepanjang 300 meter. Namun, tidak semua peserta memiliki kemampuan yang sama terutama peserta yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Banyak dari peserta ini yang terjatuh saat melewati tikungan karena terlalu kencang atau kehilangan keseimbangan.

Selain faktor usia, mereka pun harus harus melewati lintasan cukup berat karena tanahnya bergelombang dan jelas berbeda dengan kondisi jalan raya ketika membawa penumpang.

BACA JUGA: HUT Bhayangkara ke-72, Tingkat Kepercayaan Terhadap Polri Meningkat


Salah seorang peserta pemenang lomba, Ratno mengaku tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti lomba balap becak. “Tidak ada persiapan ataupun latihan khusus. Yang penting semangat,” kata pria yang sudah 25 tahun menarik becak ini.



Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto mengatakan, peringatan Hut Bhayangkara tahun ini digelar dengan konsep pesta rakyat. Selain melibatkan warga, personel polisi juga ikut beradu ketangkasan dalam perlombaan tarik tambang. 

“Karena Hut Bhayangkara bertemakan pesta rakyat, kami pun sengaja menggandeng para abang becak turut serta dalam kegiatan tersebut. Aktivitas para abang becak ini kan di jalanan maka diharapkan mereka mampu menjadi pelopor tertib lalu lintas dan keselamatan berlalu lintas,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki

KOMENTAR