Sambut 1 Muharram, Warga Batang Pawai 1.000 Obor di Gunung Prahu

Suryono ยท Senin, 10 September 2018 - 21:40 WIB
Sambut 1 Muharram, Warga Batang Pawai 1.000 Obor di Gunung Prahu

Ribuan warga mengikuti festival pawai obor menyambut Tahun Baru Islam di Puncak Gunung Prau, Batang. (Foto: iNews.id/Suryono)

BATANG, iNews.id – Ribuan warga menggelar tradisi 1.000 obor di Puncak Gunung Prahu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (10/9/2018) malam. Tradisi pawai obor tersebut selain untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, juga mengenang perjuangan masyarakat masa lalu.

Dinginnya udara malam di Puncak Gunung Prahu yang mencapai 10 derajat Celsius tak menyurutkan warga mengikuti festival pawai obor. Masing-masing warga memegang dua obor hingga mampu menerangi sepanjang jalan desa dan lereng gunung dengan membentuk tulisan Sigemplong Batang. Ribuan obor itu dinyalakan di ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut (mdpl).



Bupati Batang Wihaji mengatakan, festival obor sangat luar biasa dan akan menjadi daya pikat pengunjung wisata. Selain pesona alam yang indah dan dingin, festival ini akan menjadi kompetitor Festival Dieng Culture karena sama-sama menarik karena berada di pegunungan Dieng dengan kearifan lokal yang sama. 

“Kegiatan ini juga sekaligus menyambut Tahun Baru Islam (1 Muharram 1440 Hijriiah). Ke depan, festival obor akan dikemas semakin bagus dan dimasukkan dalam kalender wisata Pemerintah Kabupaten Batang. Potensi wisata alamnya serasa di negeri atas awan karena awan berada di bawah,” katanya.

Dia menjelaskan, festival obor tersebut merupakan inisiatif pemuda Desa Pranten untuk mendukung Visit To Batang 2022. Desa ini juga memiliki wisata bagus seperti Curug Lawe Air Panas dan agrowista pertanian sayur.


Editor : Kastolani Marzuki