Sampah di TPA Kendal Terbakar, Asap Pekat Ganggu Pengguna Jalan

Eddie Prayitno · Senin, 10 September 2018 - 22:25 WIB
Sampah di TPA Kendal Terbakar, Asap Pekat Ganggu Pengguna Jalan

Asap tebal akibat kebakaran sampah di TPA Darupono, Kendal membuat jarak pandang terbatas dan mengganggu pengguna jalan. (Foto-Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Gunungan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Darupono, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah terbakar, Senin (10/9/2018). Kebakaran tersebut memicu asap pekat hingga mengganggu para pengguna jalan karena jarak pandang sangat terbatas hanya tiga meter.

Api yang membakar gunungan sampah di TPA tersebut bahkan merembet ke kawasan hutan milik Perhutani KPH Kendal. Untuk mencegah agar kebakaran tidak meluas, Pemkab Kendal mengerahkan dua mobil pemadam kebakaran. Kobaran api baru berhasil dipadamkan petugas dibantu warga sekitar selang satu jam setelah kejadian.

Seorang warga, Agus menuturkan, api dari tumpukan gunungan sampah di TPA Darupono ini tiba-tiba menyala Senin siang. Semakin sore api membesar dan muncul asap yang tebal dan mulai mengganggu jarak pandang pengguna jalan alternatif Kendal-Ungaran. “Api yang berasal dari tumpukan sampah ini kemudian menjalar ke hutan jati sekitar TPA,” katanya.

BACA JUGA: Hutan Gunung Lawu Kembali Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara



Kepala Seksi Sampah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kendal, Muhamad Hafiz mengatakan, dua unit pemadam kebakaran unit Kaliwungu dan Kota Kendal dikerahkan untuk memadamkan api/ yang membakar tumpukan sampah. “Kami sudah berkordinasi dengan pemadam untuk melakukan pemadaman api agar tidak mengganggu pengguna jalan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, api kerap muncul secara tiba-tiba di TPA karena tumpukan sampah mengandung gas dan saat musim kemarau mudah terbakar.


Editor : Kastolani Marzuki