Sambut Tahun Baru Islam, Sedekaholic Kendal Bagi-Bagi Nasi Bungkus

Eddie Prayitno ยท Selasa, 11 September 2018 - 15:59 WIB
Sambut Tahun Baru Islam, Sedekaholic Kendal Bagi-Bagi Nasi Bungkus

Relawan komunitas Sedekaholic Kendal membagikan nasi bungkus kepada kaum duafa untuk menyambut Tahun Baru Islam. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Ada yang berbeda dari kegiatan memperingati pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah. Jika biasanya tiap kampung mengadakan malam tirakatan dan doa bersama, namun komunitas sedekah di Kendal ini melakukannya dengan cara yang berbeda.

Komunitas Sedekaholic dan Cinta Duafa Kendal ini memilih berkeliling Kaliwungu, Boja dan Kota Kendal untuk membagikan nasi bungkus kepada kaum duafa, seperti pengemis, gelandangan, orang gila dan tukang becak yang beristirahat di malam hari.

Memilih dengan berbagi nasi bungkus, komunitas sedekah ini ingin mengawali malam pergantian tahun dengan berbuat kebaikan. “Hijrah Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk berbuat yang lebih baik. Dengan berbagi nasi bungkus ini kita dari Sedekaholic dan Cinta Duafa Kendal ingin mengawali Tahun Baru 1 Muharram 1440 Hijriah ini dengan berbuat kebaikan,” ujar Budi Raharjo, relawan Cinta Duafa, Senin (10/9/2018) malam.

BACA JUGA: 

Grind Perindo Gelar Lomba Tumpeng dan Santuni Anak Yatim di Rembang

Malam 1 Suro, Warga Bantul Gelar Tradisi Kirab dan Doa Bersama

Sambil berkeliling menggunakan sepeda motor, relawan Sedekaholic Community dan Cinta Duafa ini menyusuri Pantura Kaliwungu, Boja hingga Kota Kendal. Tuna wisma yang beristirahat di emperan toko ataupun orang gila yang berada di pasar, tidak luput dari perhatian komunitas ini.

“Kita menyiapkan 80 bungkus nasi dan air mineral untuk mereka yang membutuhkan. Kita hanya ingin berbagi dengan mereka, meski hanya berupa nasi bungkus dan air mineral saja,” katanya.

Relawan Sedekaholic Community, Eddie Prayitno mengatakan kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa saling berbagi. “Pergantian tahun baru Islam adalah momentum untuk berhijrah menuju kebaikan. Dengan berbagi di malam tahun baru ini kita ingin berubah menjadi lebih baik,” ujarnya.

Berbagi nasi bungkus di malam tahun baru Islam sendiri merupakan rangkaian dari perjalanan tiga tahun berbagi komunitas Sedekaholic Kendal. Kegiatan lain yang menjadi rangkaian adalah bazar pakaian pantas pakai, dan Sedekaholic Goes to School.

 


Editor : Kastolani Marzuki