Pastikan Kunker Jokowi, Mendes Tinjau Lokus Program PKDTT di Grobogan

Dony Aprian ยท Sabtu, 15 September 2018 - 12:46 WIB
Pastikan Kunker Jokowi, Mendes Tinjau Lokus Program PKDTT di Grobogan

Mendes Eko Sanjojo saat berbincang dengan masyarakat Dusun Sendangsari, Desa Tambirejo, Grobogan, dalam kunjungan kerjanya. (Foto: Istimewa)

GROBOGAN, iNews.id – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko P Sandjojo meninjau lokus pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Dana Desa (PKTDD), yang akan dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Dusun Sendangsari, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (15/9/2018).

Mendes Eko berharap, Program Dana Desa (dandes) yang bersumber dari APBN tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan daya beli masyarakat miskin, dan menekan gizi buruk.

“Ini sesuai dengan komitmen Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan daerah dapat terwujud dengan baik,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/9/2018).


Dirjen PPMD Taufik Madjid menambahkan, dandes yang diterimakan sesuai regulasi dan kewenangan pemerintah desa, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Diketahui, Dusun Sendangsari yang menjadi lokus dalam kunjungan itu telah menerima dandes lebih dari Rp2 miliar sejak 2015 hingga 2018. Di tahun ini, mereka mendapat bantuan anggaran Rp829.597.000.

Sebagian dana digunakan untuk Program Pembangunan Talud (penahan tanah longsor) Rp50.000.000. Talud itu berdiri sepanjang 115 meter dan tinggi 0,9 meter. Selain itu dandes juga digunakan untuk Program Pemberdayaan Masyarakat yang dituangkan dalam APBDes.

Pengerjaan talud dengan sistem swakelola atau padat karya tersebut melibatkan 123 Pekerja dari masyarakat yang kurang mampu di desa setempat. Mereka menerima upah Rp14.570.000, yang dikerjakan selama 11 Hari.

Dalam kunjungan kerja itu (kunker), mendes didampingi Dirjen PPMD Taufik Madjid, Direktur PMD M Fachri dan Kadis PMD Jateng. Mereka berdialog dengan pendamping desa dan warga sekitar untuk menyerap keinginan dan harapan mereka terhadap program pemerintah ke depan.


Editor : Donald Karouw