Tusuk Warga dan Rusak Toko, 3 Suporter Persis Solo Ditangkap Polisi

Kristadi ยท Senin, 08 Oktober 2018 - 19:38 WIB
Tusuk Warga dan Rusak Toko, 3 Suporter Persis Solo Ditangkap Polisi

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji saat menginterogasi tiga suporter Persis Solo yang menganiaya warga dan merusak minimarket. (Foto: iNews.id/Kristadi)

SEMARANG, iNews.id – Polrestabes Semarang menangkan tiga dari puluhan suporter Persis Solo karena terbukti merusak dan menganiaya seorang warga di Jalan Urip Sumoharjo, Mangkang, Kota Semarang.

Aksi brutal puluhan suporter tim berjuluk Laskar Samber Nyawa itu terjadi seusai mereka mendukung tim kesayangannya melawan Persibat Batang di Stadion Moch Sarengat, Sabtu, 29 September 2018 lalu. 
Akibat kejadian itu, seorang warga menderita luka tusuk dan sebuah minimarket rusak diobrak abrik mereka.

Bermodalkan rekaman kamera CCTV, polisi kemudian menyelidiki kasus penyerangan yang dilakukan puluhan suporter Persis Solo. Polisi akhirnya menangkap tiga suporter karena terbukti melukai seorang warga, yakni Yusuf Febriansyah seusai terlibat tawuran di tengah jalan. Mereka juga merusak kaca minimarket. Ketiga pelaku yakni, Muhammad Sodiq, Adi Satriya, dan Girlandy Arga, semuanya warga Solo.

“Tiga pelaku ini yang terbukti telah menganiaya seorang warga di Jalan Urip Sumoharjo, Mangkang. Mereka juga merusak dan mengobrak-abrik isi minimarket,” kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji, Senin (8/10/2018).

Menurut Abioso, ketiga pelaku dijerat Pasal 170 ayat 1 tentang Pengeroyokan dan perusakan barang dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. 

“Petugas kami juga hingga saat ini masih mengembangkan dan menyelidiki lebih lanjut kasus kerusuhan suporter tersebut untuk mengungkap pelaku lainnya,” kata Kapolrestabes. 

BACA JUGA:

Polrestabes Semarang Siaga Jelang Laga Persibat vs Persis Solo

Kecewa Timnya Bermain Imbang, Suporter Persik Kendal Bikin Ulah

Seorang pelaku, M Sodiq mengaku aksi bersama rekan-rekannya itu dilakukan spontanitas karena bus rombongan suporter dilempari batu di tengah perjalanan seusai menonton pertandingan sepak bola.

“Saya emosi. Saya dan suporter lainnya turun dari bus dan menyerang warga yang ada dan melakukan perusakan,” katanya.

Polrestabes Semarang sebelumnya sudah mengantisipasi potensi tawuran maupun kerusuhan dari pendukung Persis Solo yang akan bertandang ke Batang. Di antaranya menyiapkan petugas di wilayah perbatasan dan mengalihkan rute perjalanan suporter Persis Solo.


Editor : Kastolani Marzuki