5 Sunah Nabi Muhammad Saw yang Kerap Disepelekan

Kastolani ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 05:30 WIB
5 Sunah Nabi Muhammad Saw yang Kerap Disepelekan

Kayu siwak sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut dan merupakan sunah Nabi SAW. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Nabi Muhammad Saw merupakan sebaik-baik manusia. Akhlak dan perbuatannya sangat mulia dan menjadi panutan semua umat.

Meski demikian, tidak sedikit umat Islam yang kerap mengabaikan sunah Rasulullah Saw, padahal dari sisi kesehatan sangat bermanfaat untuk jsamani maupun rohani.

Berikut lima sunah Nabi Muhammad yang baik untuk kesehatan jiwa dan raga manusia seperti dipaparkan Ustaz Hidayatusshoilihin dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Masjid Baiturrahim Kompleks Depag, Pabuaran, Bojonggede, Kabupaten Bogor.

1. Al haya’ (malu)

Sifat ini yang dimiliki para nabi dan rasul, apalagi Nabi Muhammad sangat tinggi malunya baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia.

"Karena itu sebagai umatnya kita harus mencontoh nabi dengan memiliki rasa malu. Kenapa? Kalo manusia tidak punya malu tidak beda dengan hewan, bahkan bisa jadi lebih rendah deajatnya ketimbang hewan. Maka pantas kata nabi Al hayaa'u syu'batul minal imaan," kata Ustaz Hidayatusshoilihin.

2. Al Hilmi (bijaksana/hati lapang)

Sifat ini menjadikan Nabi Saw menjadi orang yang mulia. Dalam Surat Al Insyirah disebutkan bahwa Allah membukakan hati Nabi menjadi lapang dada. Karena itu, dalam diri Nabi SAW tidak punya rasa dendam atau benci kepada seseorag yang memusuhinya. Maka pantas akhlak Rasulullah dipuji Allah.

3. Bersiwak

Kayu dari pohon arak (salvadora persica) yang dipotong 10 cm untuk bersiwak ini merupakan salah satu sunnah Nabi Saw.Bersiwak sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut dan gigi, serta mengharumkan pernapasan.

Manfaat siwak salah satunya dimudahkan mengucapkan kalimat Laa Ilaaha Illallah jelang maut.

4. Wewangin

Memakai minyak wangi merupakan salah satu sunah Nabi. Rasulullah sangat menjaga kebersihan tubuhnya dengan aroma wewangian baik di kala menjalankan ibadah salat maupun saat hendak tidur.

5. Al hijamah (bekam)

Dewasa ini umat Islam makin banyak yang memakai metode bekam untuk berobat. Metode tersebut sangat dianjurkan bagi orang yang sakit.

Rasulullah Saw bersabda:Sesungguhnya pengobatan paling ideal yang kalian gunakan adalah bekam. (Hadits Muttafaq ‘alaih: Bukhari dan Muslim)


Editor : Kastolani Marzuki