8 Desa di Klaten Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Roboh, 2 Luka

Saeful Efendi ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 21:21 WIB
8 Desa di Klaten Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Roboh, 2 Luka

Seorang warga menunjukkan rumah yang rusak tretiimpa pohon tumbang akibat puting beliung di Desa Kiringan, Klaten. (Foto: iNews.id/Saeful Efendi)

KLATEN, iNews.id – Puluhan rumah roboh dan ratusan bangunan lainnya rusak akibat diterjang angin puting beliung yang menerjang delapan desa di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (11/1/2019).

Bencana yang terjadi menjelang magrib itu juga mengakibatkan dua warga luka parah dan harus dirawat di rumah sakit.

Seorang warga, Aminah menuturkan, angin puting beliung terjadi begitu cepat di saat malam mjelang magrib. “Angin kencang datang terus turun hujan gerimis. Tiba-tiba bruuuk,” katanya.

Camat Tulung, Rahmat Sugiyarto mengatakan, dari delapan desa yang diterjang angin puting beliung kerusakan terparah melanda Dukuh Ringinsari, Desa Kiringan.

Kerusakan rata-rata akibat tertimpa pohon yang tumbang dan menimpa atap bangunan rumah warga. “Ada tiga rumah hancur total akibat tertimpa pohon ringin ukuran besar,” katanya.



BACA JUGA:

Angin Puting Beliung Terjang Temanggung, Seorang Anak Terluka

3 Desa di Ponorogo Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Rumah Rusak

Kubah Masjid dan Genting Rumah di Klaten Terbang Kena Puting Beliung

Akibat kejadian itu, kata dia, dua penghuni rumah mengalami luka parah dan harus dilarikan ke Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Jatinom.

Selain merobohkan ratusan pohon dan merusak rumah warga, bencana tersebut juga memutuskan jaringan listrik akibat banyak kabel yang putus tertimpa pohon tumbang. Akibat kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

Terkait kejadian itu, Rahmat mengimbau ke warga untuk tetap waspada dan berhati-hati mengingat saat ini cuaca cepat berubah.


Editor : Kastolani Marzuki