Andal Buat Senjata Api Rakitan, Warga di Boyolali Diamankan Polisi

Lurisa Lulu ยท Sabtu, 11 Mei 2019 - 11:49 WIB
Andal Buat Senjata Api Rakitan, Warga di Boyolali Diamankan Polisi

Ilustrasi senjata api rakitan. (Foto: Okezone).

SALATIGA, iNews.id - Seorang warga asal Sumatera Selatan (Sumsel) diamankan polisi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) akibat keterampilannya yang dianggap menyimpang. Pelaku andal membuat senjata api rakitan, yang diduga diperjualbelikan.

Polres Salatiga menangkap Tarmuji (47) bersama dengan barang bukti, satu pucuk senjata api jenis revolver dan pelurunya. Dia mengaku dapat merakit senjata api hasil belajar dari video di media sosial (medsos).

"Iya, belajar di medsos, cara bikin senjata," kata Tarmuji di Mapolres Salatiga, Jateng, Sabtu (11/5/2019).

BACA JUGA: Polisi Ungkap Sindikat Perdagangan Gelap Senjata Api di Medan Sumut

Pelaku diamankan setelah muncul kasus yang diduga melibatkan dirinya. Pembeli senjata api rakitan Tarmiji ternyata memakainya untuk perbuatan kriminal, yaitu menggelapkan sepeda motor.

Kapolres Salatiga, AKBP Gatot Hendro mengatakan, pelaku Tarmiji diamankan di rumah kontrakannya, Desa Kembang, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jateng. Dari penggeledahan di lokasi, petugas juga menemukan sepucuk senjata api rakitan penuh amunisi.

BACA JUGA: Terduga Pemerkosa Anak di Raja Ampat Ternyata Simpan Senjata Api

"Petugas juga menemukan sebuah senjata api jenis revolver, dan amunisi penuh dengan peluru dipendam di kebun belakang rumahnya," ujar Gatot.

Hingga kini polisi masih menyelidiki kasus tersebut, karena diduga tersangka merupakan pemasok senjata api rakitan kepada para pelaku tindak kejahatan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal