Arus Balik Jalur Pantura dan Selatan, Polres Pemalang Berlakukan Buka Tutup

Suryono · Minggu, 09 Juni 2019 - 08:57 WIB
Arus Balik Jalur Pantura dan Selatan, Polres Pemalang Berlakukan Buka Tutup

Volume Kendaraan Meningkat, Polres Pemalang Berlakukan Sistem Buka Tutup, Sabtu (8/6/2019). (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNews.id – Peningkatan volume kendaraan terjadi pada H+3 lebaran yang menyebabkan kepadatan di beberapa persimpangan traffic light jalur pantura dan selatan wilayah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Polres Pemalang pun sigap mengatur arus lalu lintas dan memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai Kemacetan, Sabtu (8/6/2019).

Beberapa persimpangan traffic light yang terpantau cukup padat di antaranya persimpangan Exit tol Gandulan, Comal, Sirandu, Bantarbolang dan Randudongkal.

"Meningkatnya volume kendaraan menyebabkan kepadatan, namun dapat terurai dan tidak sampai terjadi kemacetan," ujar Kasat Lantas AKP Herdiawan Arifianto, Sabtu (8/6/2019).

BACA JUGA: H+3 Lebaran, Tol Semarang-Solo Arah Jakarta Macet Puluhan Kilometer

Terkait pemberlakuan one way di Tol trans Jawa, dia mengungkapkan kendaraan yang masuk gerbang Tol Gandulan hanya untuk tujuan Jakarta. Kendati demikian, masih terdapat beberapa pengendara tujuan Semarang yang berniat masuk jalur tol.

"Di persimpangan exit Tol Gandulan, petugas mengarahkan pengendara tujuan Semarang untuk melewati Jalur pantura," katanya.

Mengenai situasi arus balik di ruas pantura dalam kota dan jalur selatan, Kapolres Pemalang AKBP Kristanto Yoga Darmawan menuturkan jika kepadatan hanya terjadi di persimpangan dan perlintasan kereta api sebidang. Petugas akan terus berupaya meminimalisir kemacetan dan kecelakaan agar terwujud mudik yang aman dan nyaman.

"Arus lalu lintas di Pantura dalam kota dan jalur selatan terpantau lancar," tuturnya.


Editor : Donald Karouw