Banjir Air Pasang Naik Lagi, Ratusan Rumah di Pekalongan Terendam

Suryono ยท Senin, 04 Desember 2017 - 09:18 WIB
Banjir Air Pasang Naik Lagi, Ratusan Rumah di Pekalongan Terendam

Banjir air pasang kembali merendam ratusan rumah warga di Pekalongan, Senin (2/12/2017). (Foto: iNews/Suryono)

PEKALONGAN, iNews.id - Ratusan rumah warga di Salam Manis, Kelurahan Kandang Panjang, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin pagi kembali terendam banjir rob. Warga mengeluh karena tidak merasa tidak mendapat bantuan dari pemerintah setempat, Senin (4/12/2017).

Banjir yang disebabkan oleh naiknya permukaan air laut ini, membuat perkampungan digenangi air setinggi 50 sentimeter. Menurut warga setempat, musibah banjir rob sebenarnya sudah sering merendam kampung mereka sejak tiga tahun terakhir. Kondisi terparah terjadi pada Jumat, 1 Desember 2017, lalu.

“Kemarin sempat surut, namun kembali naik dan masuk lagi ke dalam rumah-rumah warga,” ujar Slamet Riyadi, salah seorang warga Kelurahan Kandangpanjang, Pekalongan.

Warga mengaku, hingga kini belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah Kota Pekalongan. “Selama ini warga swadaya untuk peninggian jalan kampung. Kami berharap, pemerintah kota pekalongan bisa segera memberikan bantuan, agar aktivitas warga bisa berjalan normal,” lanjut Slamet.

Banjir di Kota Pekalongan merendam ribuan rumah warga di sembilan kelurahan. Banjir terjadi lantaran tanggul penahan gelombang jebol dihantam ombak. Akibatnya, ribuan warga sempat dievakuasi ke beberapa lokasi pengungsian.

Saat ini masih ada ratusan warga yang bertahan di pengungsian. Mereka terpaksa mengungsi lantaran rumah yang ditinggalinya terendam cukup dalam. Para pengungsi dipusatkan di Kantor Kecamatan Pekalongan Utara. Sementara sebagian lainnya mengungsi di rumah keluarga lain yang tidak kebanjiran.


Editor : Himas Puspito Putra