Banjir Bandang dan Longsor Landa 3 Kecamatan di Brebes, Jembatan Putus

Kastolani ยท Senin, 21 Januari 2019 - 21:14 WIB
Banjir Bandang dan Longsor Landa 3 Kecamatan di Brebes, Jembatan Putus

Jembatan yang menghubungkan Desa Plompong dan Manggis di Kecamatan Sirampog, Brebes, ambruk akibat dihantam banjir bandang Kali Keruh. (Foto: BPBD Brebes)

BREBES, iNews.id – Hujan deras yang terjadi dalam dua hari terakhir mengakibatkan sejumlah desa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah diterjang banjir bandang dan longsor. Bencana itu tercatat melanda tiga kecamatan, yakni Salem, Sirampog, dan Banjarharjo.

Di Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, banjir bandang akibat hujan deras selama lima jam mengakibatkan Kali Keruh meluap, Senin (21/1/2019) sore. 

Banjir bandang tersebut mengakibatkan jembatan penghubung Desa Plompong dengan Desa Manggis ambruk. Beruntung, saat kejadian tidak ada warga yang melintas di jembatan tersebut.

Koordinator Pusdalops BPBD Brebes, Agung Kurniawan mengatakan, banjir bandang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi sehingga debit air Kali Keruh meningkat dan menyebabkan aliran sungai menjadi sangat deras serta membawa material batuan dengan ukuran besar. “Material tersebut menghamtan jembatan penghubung Desa Plompong dengan Desa Manggis,” katanya.

Menurut dia, tim BPBD, Satgas Penanggulangan Bencana beserta warga setempat melakukan penanganan darurat. “Kami mengimbau warga agar tetap tenang, selalu waspada dan berhati-hati,” ucapnya.

BACA JUGA:

Banjir Bandang Terjang Mojokerto, 5 Rumah Rusak dan Puluhan Terendam

Banjir Bandang Terjang 2 Desa di Timor Tengah Utara, 4 Rumah Hanyut

Jembatan Antarkecamatan di Tuban Ambruk Diterjang Banjir Bandang

Selain banjir bandang, hujan deras yang emngguyur sejak pukul 14.30-19.00 WIB juga mengakibatkan tanah longsor. Bencana itu merusak rumah milik Rosikin, warga RT 1 RW 4 Desa Mendala, Kecamatan Sirampog. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Banjir merendam jalan provinsi yang menghubung Desa Cimaras, Banjarharjo, Brebes, Jateng dengan Kuningan, Jawa Barat. (Foto: BPBD Brebes)

Sehari sebelumnya, longsor juga terjadi di Dukuh Cimaras RT 01/RW03 Desa Tembongraja Kecamatan Salem, Minggu (20/1/2019) sekitar pukul 17.15 WIB. Longsor terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi. Akibat kejadian itu, rumah milik Tarsudi (48) dan sawah milik Warsono tertimbun longsor. Bencana tersebut juga menutup akses jalan provinsi di Jalan Raya Lio, Desa Pasirpanjang, Salem.

Pada Minggu malam, banjir bandang melanda Desa Cipajang, Kecamatan Banjarharjo. Akibat bencana itu, ruas jalan yang menghubungkan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Provinsi Jateng dan Kuningan, Jabar terputus. Banjir bandang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah itu sejak pukul 13.00-18.00 WIB yang mengakibakan meluapnya Sungai Cicariu dan Cimandala. Banjir juga menggenangi puluhan rumah warga dengan ketinggian air sekitar 50cm.

 


Editor : Kastolani Marzuki