Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Lereng Pegunungan Kendeng Pati

Agus Atha Suharto ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 20:03 WIB
Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Lereng Pegunungan Kendeng Pati

Banjir bandang akibat hujan deras menerjang Desa/Kecamatan Sukolilo, Pati, Jateng. (Foto: iNews.id/Agus Atha Suharto)

PATI, iNews.id – Banjir bandang menerjang sejumlah desa di lereng pegunungan Kendeng, Kecamatan Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, Rabu (5/12/2018) sore. Selain menggenangi rumah warga, banjir juga membuat jalur utama Pati-Purwodadi lumpuh total selama tiga jam.

Dari rekaman video amatir warga, banjir bandang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Salah satu desa yang diterjang banjir bandang yakni, Sukolilo. Di desa ini terlihat, luapan air dengan debit yang besar langsung menggenangi permukiman warga.

Air bah bercampur lumpur dan material pasir juga meluap hingga ke Jalan Raya Pati-Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Ketinggian air di jalan yang mencapai 50 centimeter lebih membuat sejumlah kendaraan tak berani melewati jalur dan terpaksa berhenti atau memutar balik.

BACA JUGA:

Hujan Deras Semalaman, Ribuan Rumah di Cilacap Terendam Banjir

Jalur Pantura Demak-Semarang Banjir, Arus Lalu Lintas Macet Parah

Usai Hujan Badai, 3 Kawasan di Kota Semarang Terendam Banjir

Seorang warga, Sarjono mengungkapkan, banjir bandang terjadi setelah wilayahnya diguyur hujan deras sejak Rabu dini hari. Kondisi pegunungan Kendeng yang sudah mulai gundul membuat air langsung turun ke desa-desa tepat berada di bawah lereng pegunungan.

“Sore tadi banjir besar terus tanggul jebol karena gak kuat nahan air. Banjir langsung masuk rumah-rumah warga,” katanya.

Banjir bandang tersebut berlangsung sekitar dua jam. Saat ini, banjir sudah mulai surut. Warga pun mulai membersihkan rumah-rumah mereka dari sampah dan lumpur yang terbawa banjir.


Editor : Kastolani Marzuki