Basarnas Semarang Siap Kirim 20 Personel dan Urban SAR ke Palu

Wisnu Wardhana ยท Kamis, 04 Oktober 2018 - 23:24 WIB
Basarnas Semarang Siap Kirim 20 Personel dan Urban SAR ke Palu

Puluhan personel Basarnas Semarang siap dikirimkan ke Palu, Sulteng untuk membantu evakuasi korban gempa dan tsunami. (Foto: iNews.id/Wisnu Wardhana)

SEMARANG, iNews.id - Basarnas Semarang siap mengirimkan puluhan personel ke lokasi bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Selain mengirimkan personel, Basarnas juga menyiapkan 12 unit peralatan canggih urban SAR yang dibutuhkan termasuk alat penghancur beton.

Kasi Operasional Basarnas Semarang, Agung mengatakan, ada 20 personel yang akan dikirimkan untuk membantu proses evakuasi korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulteng. “Mereka adalah personel Basarnas pilihan dan terlatih yang sudah berpengalaman melakukan evakuasi di berbagai medan bencana,” katanya, Kamis (4/10/2018).

Dia mengaku hingga kini belum mendapat perintah untuk mengirimkan personel ke Palu. Meski demikian, jika sudah ada perintah puluhan personel itu dalam konsdisi siap tempur dalam penanggulangan pascagempa. “Ke-20 personel Basarnas pilihan ini sudah diminta untuk siaga 24 jam,” ujar Agung.

BACA JUGA: 1.424 Tewas hingga H+7 Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala

Selain menyiapkan puluhan personel, kata dia, Basarnas Semarang juga akan mengerahkan semua peralatan bencana yang dibutuhkan sebanyak 12 unit di antaranya urban SAR, alat pemotong beton dan pemecah tembok baja. “Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, semua peralatan canggih yang berada di gudang Basarnas dalam kondisi siap pakai dan siap dikirimkan,” kata Agung.

Untuk memberikan dukungan moral kepada teman seprofesinya yang tengah menjalankan tugas di lokasi bencana, para personel Basarnas Semarang melakukan doa bersama. “Doa ini bertujuan agar semua tim SAR yang ada di lokasi bencana gempa dan tsunami di Palu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki