Begini Sensasinya Makan Bakso dalam Mangkuk Kelapa Muda di Kendal

Eddie Prayitno ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 19:23 WIB
Begini Sensasinya Makan Bakso dalam Mangkuk Kelapa Muda di Kendal

Bakso dalam mangkuk kelapa muda memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya seperti yang disuguhkan warung bakso Kondang Rasa Patebon, Kendal, Jateng. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Menikmati bakso dengan wadah mangkuk sudah biasa, namun di Kendal, Jawa Tengah ada warung bakso yang mempunyai cara unik dalam menyajikan makanan berkuah ini.

Di warung bakso Kondang Roso Patebon, Kendal ini bakso disajikan menggunakan buah kelapa muda. Soal rasanya, tentu sangat menggugah selera. Rasa yang disuguhkan dari bakso kelapa muda ini menjadi berbeda karena ada rasa gurih dan kelapa muda.

Bakso kelapa muda itu merupakan inovasi Hijrah Budi Raharjo. Pemilik warung bakso tersebut sengaja membuat inovasi menu baru untuk menarik pelanggan. Budi mengaku baru empat bulan membuat inovasi bakso kelapa muda.

Awalnya, Budi hanya menjual bakso biasa untuk menarik pengunjung yang bosan dengan menu bakso biasa. Dia kemudian membaca buku-buku tentang kesehatan. Dari situlah muncul ide untuk menggabungkan bakso dengan kelapa muda yang menurutnya banyak memiliki khasiat.

Budi menuturkan, cara membuat bakso tidak ada yang berbeda dengan bakso pada umumnya. Hanya wadahnya yang berbeda karena dari tempurung kelapa muda. “Kalau buat baksonya biasa sama kayak bakso pada umumnya. Mi dan sayuran dimasukan ke tempurung kelapa muda kemudian disiram dengan kuah lengkap dengan bakso dan irisan daging,” katanya, Selasa (9/10/2018).

BACA JUGA: Nasi Kuning, Kuliner Sarapan Favorit Warga Palu Pascagempa

Bakso kelapa muda, menurut Budi, banyak digemari pelanggannya. Selain bisa berkhasiat, kuah bakso yang disajikan ditambah dengan rempah-rempah sehingga rasanya semakin gurih.

Dalam sehari warung bakso Kondang Roso ini bisa menghabiskan 60 buah kelapa muda, bahkan untuk akhir pekan Budi harus menyiapkan kelapa muda lebih banyak karena bisa menghabiskan hingga 150 butir. Untuk bisa menikmati bakso kelapa muda dengan paket satu gelas kelapa muda segar hanya dipatok Rp25.000.

Penggemar bakso, Uswah mengaku penasaran dengan bakso kelapa muda. Menurut dia, rasa bakso yang disajikan dalam tempurung kelapa muda ini lebih gurih. “Kuahnya juga lebih segar karena ada sedikit campuran irisan kelapa muda yang tersisa,” ucap Uswah.

Nikmatnya bakso kelapa muda ini juga diakui penikmat kuliner berbentuk bola kecil bulat lainnya, Eko Purwanto. Menurutnya, irisan kelapa muda yang masih menempel di tempurung menjadi sensasi sendiri saat menikmati bakso. “Kuahnya juga lebih gurih karena ada sedikit campuran air kelapa,” tuturnya.


Editor : Kastolani Marzuki