Blower Meledak Pabrik Kayu di Batang Ludes Terbakar, 1 Luka-Luka

Eddie Prayitno ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:09 WIB
Blower Meledak Pabrik Kayu di Batang Ludes Terbakar, 1 Luka-Luka

Kebakaran menghangsukan pabrik pengolahan kayu di Batang, Jawa Tengah akibat blower meledak. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

BATANG, iNews.id - Pabrik pengolahan kayu PT Sinar Puspitadi Abadi Factory di Desa Penundan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah ludes terbakar, Kamis (11/10/2018).

Api yang membakar pabrik kayu tersebut diduga berasal dari percikan api dari blower yang meledak. Kobaran api dengan cepat menghanguskan tumpukan kayu hasil olahan dan merambat ke bagian finishing. Akibat kejadian itu, seorang pekerja mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah akibat kebakaran tersebut.

Tujuh unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Batang, Kendal dan Kota Pekalongan diterjunkan untuk memadamkan api yang terus membesar. Banyaknya tumpukan kayu dan bahan mudah terbakar serta kencangnya angin mengakibatkan api semakin membesar dan sulit dipadamkan.

Kapolsek Limpung, AKP Doni Kristanto mengatakan, kebakaran berawal dari sebuah blower yang terbakar dan menimbulkan percikan api. “Api kemudian menyambar tumpukan kayu dan membesar hingga merambat ke seluruh pabrik khususnya yang terdapat di blok belakang,” katanya.

BACA JUGA: Korsleting, Pabrik Kayu di Cilacap Ludes Terbakar

Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun satu karyawan pabrik mengalami luka-luka setelah terjatuh karena ketakutan melihat kobaran api. “Korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat,” ucapnya.

Petugas pemadam kebakaran mengalami kendala kesulitan mengamil air karena banyak sungai yang kering dan tidak ada hidran di sekitar pabrik. Api baru bisa dipadamkan petugas pemadam kebakaran setelah berjibaku selama hampir lima jam.


Editor : Kastolani Marzuki