BMKG: Gempa Kudus Magnitudo 4,2 Dipicu Aktivitas Sesar Muria

Ahmad Antoni, Ilma De Sabrini ยท Rabu, 22 Mei 2019 - 21:23 WIB
BMKG: Gempa Kudus Magnitudo 4,2 Dipicu Aktivitas Sesar Muria

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 yang mengguncang Kudus dan sekitarnya dipicu aktivitas Sesar Muria. (Foto: Ilustrasi)

SEMARANG, iNews.id - Gempa bumi dengan magnitudo 4.2 yang mengguncang kawasan Muria, Kudus, Pati, Demak, Jepara dan sekitarnya, Rabu (22/5/2019) siang pukul 11. 22 WIB dipicu aktivitas sesar Muria.

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di Kudus, Pati, Jepara dan sekitarnya dalam skala intensitas II-III MMI (Modified Mercally Intensity). Masyarakat dilaporkan sempat berlarian keluar rumah akibat terkejut dan panik akibat guncangan yang terjadi secara tiba-tiba.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang diduga kuat akibat aktivitas Sesar Muria.

“Sesar Muria ini memiliki magnitudo maksimum (Mmax) 6,2 dengan laju geser sesar sekitar 1 mm per tahun,” kata Daryono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5/2019).

Dia menjelaskan, zona tersebut secara tektonik cukup kompleks karena ada beberapa sesar aktif, seperti Sesar Lasem, Sesar Muria, Pati Thrust, serta sesar mikro yang tersebar di daratan dan di lepas pantai Laut Jawa. “Semua sesar ini pernah aktif dan ada catatan aktivitasnya hasil monitoring BMKG,” ujarnya.

BACA JUGA: Gempa Bumi Dangkal 4,2 SR Guncang Kudus Jateng, Terasa hingga Demak dan Jepara

Daryono memaparkan, Sesar Lasem sebagai sesar dengan kelurusan paling panjang, menempati suatu depresi dengan sumbu yang berarah baratdaya-timurlaut. Ciri morfologi lain yang mengindikasikan keberadaan sesar ini adalah sebuah pola kelurusan dari selatan Semarang ke arah timurlaut melewati Lasem dan menerus ke Laut Jawa. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2