Bocah 4 Tahun Tewas Tercebur Sumur Sedalam 20 Meter di Kendal, Ini Penyebabnya

Eddie Prayitno ยท Senin, 09 September 2019 - 17:47 WIB
Bocah 4 Tahun Tewas Tercebur Sumur Sedalam 20 Meter di Kendal, Ini Penyebabnya

Tim SAR gabungan mengevakuasi jasad Muhamad Irfan Alfatin (4) bocah asal Desa Sumberejo, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, yang tewas tercebur sumur sedalam 20 meter. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Nahas menimpa Muhamad Irfan Alfatin (4) bocah asal Desa Sumberejo, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, ditemukan tewas tercebur sumur milik tetangganya, Senin (9/9/2019).

Sumur yang hanya ditutup asbes itu diduga diinjak korban n dan terperosok masuk ke dalam sumur berkedalaman 20 meter. Evakuasi korban di dalam sumur memakan waktu cukup lama. Isak tangis keluarga pun pecah mengetahui bocah berusia empat setengah tahun ini tewas.

Petugas pemadam kebakaran Kendal, SAR Bahurekso, BPBD Kendal dan Basarnas yang mendapat laporan warga langsung menuju lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

Petugas harus masuk ke dalam sumur berkedalaman 20 meter dan sempit untuk mengevakuasi bocah nahas tersebut. Kondisi korban yang tenggelam di dasar sumur menyulitkan upaya evakuasi.

Petugas pun harus bergantian masuk ke dalam sumur karena posisi korban tidak terlihat dan kedalaman sumur mencapai 20 meter.

Dengan hati-hati petugas yang masuk ke dalam sumur mencoba menarik korban yang tenggelam dengan kayu dan mengangkatnya ke atas.

Setelah 30 menit melakukan evakuasi, petugas gabungan pemadam kebakaran Kendal, SAR Bahurekso, BPBD Kendal dan Basarnas Semarang berhasil mengevakuasi jasad Muhamad Irfan Alfatin dalam keadaan meninggal dunia.

Korban diduga tercebur sumur saat bermain sendirian di rumah yang sedang diperbaiki.

Tukang bangunan yang sedang memperbaiki rumah, Subekhi mengaku tidak melihat korban masuk ke dalam rumah dan bermain di belakang.

“Saya ngak tahu kalau ada bocah mainan di sini. Saya hanya mendengar bunyi benda jatuh ke dalam sumur dan saat dilihat sumur yang ditutup asbes sudah terbuka,” katanya.

BACA JUGA: Tragis, 2 Balita Meninggal Tercebur ke Sumur di Pulau Punjung Dharmasraya Sumbar

Kasi Dalops Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kendal, Saeful Huda mengatakan, proses evakuasi memakan waktu 30 menit. Dua kali dilakukan upaya evakuasi dari dalam sumur dan berhasil mengangkat korban dalam kondisi meninggal dunia.

“Kesulitan saat evakuasi selain peralatan yang minim, juga kondisi sumur yang sempit dan kedalaman yang mencapai 20 meter,” katanya.

Kapolsek Kaliwungu, Akhwan Nadzirin mengatakan, sumur yang rendah hanya ditutup asbes tanpa diberi tanda apa pun jadi penyebabnya.

“Diduga korban saat bermain di sekitar sumur menginjak asbes penutup sumur dan terperosok ke dalam sumur,” katanya.

Setelah dievakuasi, jasad korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soewondo Kendal untuk divisum.


Editor : Kastolani Marzuki