Caleg Perindo Henry Indraguna Janji Atasi Krisis Air Bersih di Jateng

Okezone ยท Minggu, 02 Desember 2018 - 10:58 WIB
Caleg Perindo Henry Indraguna Janji Atasi Krisis Air Bersih di Jateng

Caleg DPR RI dapil V Jateng dari Partai Perindo Henry Indraguna. (Foto: Okezone/Bramantyo)

KLATEN, iNews.id – Calon legislatif (caleg) Henry Indraguna yang maju bertarung untuk kursi DPR RI Dapil V Jawa Tengan (Jateng) dari Partai Perindo terus turun lapangan untuk mengetahui kondisi persoalan masyarakat. Dalam sebulan penuh, dia menyambangi masyarakat di wilayah Solo, Sukoharjo, Klaten dan Boyolali. Dari blusukan itulah Henry menemukan banyak keluhan dari masyarakat.

"Sebulan ini saya terjun ke seluruh lapisan masyarakat yang paling bawah, yang paling ujung dan di gunung-gunung dan pelosok. Banyak sekali saya terima keluhan dari mereka," ujar Henry, Sabtu (1/12/2018).

Dia mengungkapkan, salah satu permasalahan yang ditemui saat bertemu masyarakat dan sangat krusial yakni ketersediaan air bersih. Hal itu ditemuinya di beberapa wilayah seperti Sukoharjo dan Klaten.

Beberapa wilayah yang dikunjunginya mengalami kekeringan parah di musim kemarau setiap tahunnya. Dan permasalahan itu sudah muncul sejak zaman Belanda dan belum ada solusi hingga saat ini.

"Padahal air merupakan salah satu sumber utama bagi kehidupan masyarakat," katanya.


BACA JUGA:

Tim Rescue Partai Perindo Asapi Kawasan Rumah Padat Penduduk di Demak

Caleg Perindo Berdayakan UMKM untuk Dongkrak Ekonomi Rakyat


Henry Indraguna yang juga berprofesi sebagai pengacara ini juga menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat. Dia mendengar langsung keterangan warga soal krisis air bersih yang terjadi di setiap musim kemarau.

"Masalah krisis air bersih ini harus menjadi perhatian bagi semua. Jangan hanya dibiarkan menjadi persoalan yang rutin dihadapi masyarakat setiap tahun. Ke depannya, saya ingin masalah krisis air bersih ini terselesaikan," ucapnya.

Henry berpendapat, dropping air tidak akan menyelesaikan masalah kekeringan. Harus dicarikan solusi permasalahannya. Menurut warga, pembuatan sumur setidaknya bisa menjadi solusi.

"Namun masyarakat terbentur masalah dana. Setidaknya dana yang dibutuhkan lebih dari Rp100 juta karena sumurnya harus dalam," ujar Henry.

Dia berjanji, hal utama yang akan diatasinya jika berhasil duduk di Senayan yakni menyangkut masalah ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

"Sempat saya tanya (warga) juga apa solusi yang diharapkan warga. Mereka berharap bisa dibuatkan sumur dalam," tuturnya.


Editor : Donald Karouw