Cegah DBD, Caleg Perindo Henry Gelar Fogging di Boyolali dan Sukoharjo

Tata Rahmanta, Wahyu Endro ยท Minggu, 10 Februari 2019 - 18:41 WIB
Cegah DBD, Caleg Perindo Henry Gelar Fogging di Boyolali dan Sukoharjo

Caleg DPR dari Partai Perindo Henry Indraguna saat melakukan fogging di Desa Gondangslamet, Ampel, Boyolali. (Foto: iNews.id/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id - Korban jiwa akibat serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) terus berjatuhan di sejumlah daerah. Berbagai upaya pun terus dilakukan untuk membasmi sarang nyamuk Aides Aegypti.

Seperti dilakukan caleg dan kader Partai Perindo dengan menggelar fogging di Desa Gondangslamet, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (10/2/2019). Fogging tersebut dipimpin langsung caleg DPR dapil V Jateng dari Partai Perindo KRAT Henry Indraguna.

Bersama sejumlah relawan dari Perindo, Henry mengasapi rumah-rumah warga dan lingkungan sekitar.
Meski cuaca hujan, pengasapan tetap dilakukan di sejumlah tempat yang disinyalir menjadi sarang nyamuk. Sejumlah relawan ini juga menyisir setiap rumah warga dengan menaburkan bubuk abate.

BACA JUGA: Jadi Bapak Asuh, Caleg Perindo Ini Siap Bantu Pedagang Keliling

Henry Indraguna mengatakan, fogging tersebut dilakukan menyusul adanya laporan dan permintaan warga karena ada dua anak yang menderita demam berdarah. “Kami dapat informasi ada dua anak di sini yang kena DBD. Warga juga minta ke kami (Perindo) agar daerahnya di-fogging,” katanya. 

Selain fogging, kata dia, langkah efektif memutus mata rantai penyebaran nyamuk penyebab DBD yakni dengan rutin memberantas sarang nyamuk (PS) dan menguras bak penampungan air. “Pengasapan atau fogging ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja. Sedangkan jentik nyamuknya hanya bisa dibasmi dengan cara PSN,” tandasnya.

BACA JUGA:

Prihatin Wabah DBD Tangerang, Caleg Perindo Pimpin Fogging di Cibodas

Cegah DBD, Caleg Perindo Ricky Margono Fogging Permukiman di Indramayu

Seorang warga, Sangadi mengaku senang dengan langkah cepat caleg dari Partai Perindo dengan melakukan fogging di desanya. “Kami cukup lega, setidaknya penyebaran nyamuk DBD bisa dicegah,” ucapnya.

Dari Boyolali, Henry Indraguna dan rombongan kemudian bergerak melakukan fogging di Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Fogging tersebut merupakan permintaan dari warga sebagai antisipasi serangan penyakit DBD. Fogging menyasar lingkungan RW 7 Desa Triyagan mulai dari selokan, gudang, pekarangan dan rumah warga.



Henry kemudian mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Saya senang dapat langsung melayani masyarakat. Paling utama jaga kebersihan rumah masing-masing,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki