Densus 88 Amankan Penjual Sepatu di Salatiga, Diduga Terkait Teroris

Lurisa Lulu ยท Rabu, 03 Oktober 2018 - 21:45 WIB
Densus 88 Amankan Penjual Sepatu di Salatiga, Diduga Terkait Teroris

Rumah ARF di Kota Salatiga, Jateng, Rabu (3/10/2018). (Foto: iNews/Lurisa Lulu)

SALATIGA, iNews.id – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap seorang terduga teroris, ARF di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng). Warga Imam Bonjol Gang Durian, Desa Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga itu sehari-hari bekerja sebagai pedagang sepatu.

Informasi yang dihimpun di lapangan, terduga teroris ARF berhasil ditangkap petugas Densus 88 saat berkeliling berjualan sepatu di Jalan Diponegoro Salatiga, Senin, 1 Oktober 2018. Dia diamankan tepat di depan SD Negeri 1 Sidorejo Lor Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga.

Selain menangkap terduga teroris, petugas juga menggeledah rumah ARF untuk mencari barang bukti yang berkaitan dengan kegiatan terorisme. Petugas menyita dua kartu SIM, satu telepon seluler (ponsel), flashdisk, modem, notebook, dan pakaian. Satu di antaranya kaos bertuliskan jihad.

BACA JUGA:

Polwan Anggota Densus 88 Jadi Korban Tabrak Lari di Jalan Raya Bekasi

Densus 88 Tangkap Sipir Rutan Palangkaraya, Diduga Terlibat Terorisme

Sementara Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan membenarkan ada penangkapan terduga teroris di wilayah hukumnya. ARF diketahui menggunakan media sosial untuk menyebarkan teror dan mengajak orang-orang untuk melakukan tindakan-tindakan berkaitan dengan terorisme.

“Pelaku ternyata saat ini memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi media sosial, meneror, mengajak untuk melakukan tindakan-tindakan teroris, menyerang tokoh-tokoh, pejabat-pejabat negara, memprovokasi untuk melakukan jihad, tapi kesehariannya dia jualan sepatu,” papar AKBP Yimmy Kurniawan, Rabu (3/10/2018).

Sementara warga sekitar sangat kaget dengan adanya penangkapan tersebut. Apalagi, ARF selama ini dikenal orang baik dan bergaul dengan warga. “Tiap hari jualan sepatu di Jalan Veteran Kota Salatiga. Sehari-hari orangnya biasa, bergaul dengan warga. Selama ini enggak ada sih yang mencurigakan,” kata tetangga ARF, Doni Irawan Saputra.


Editor : Maria Christina