Diterjang Puting Beliung, Rumah Warga di Boyolali Ambruk

Saeful Efendi ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 13:30 WIB
Diterjang Puting Beliung, Rumah Warga di Boyolali Ambruk

Rumah ambruk akibat puting beliung di Boyolali. (Foto: iNews/Saeful Efendi)

BOYOLALI, iNews.id - Angin puting beliung kembali menerjang Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (8/12/2018) malam. Sebuah rumah ambruk setelah tertimpa pohon jati yang tumbang.

Pemilik rumah tersebut, Agus Susilo, pun mengalami luka di bagian kaki dan keningnya saat pohon besar itu tumbang menimpa bangunan rumahnya.

"Sama istri mau keluar rumah, lalu terkena kayu yang ambruk," kata Agus sambil meratapi rumahnya yang ambruk di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jateng, Sabtu (8/12/2018).

Dia mengatakan, kejadian berawal saat hujan deras disertai angin kencang yang perputar-putar sekitar 15 menit. Tiba-tiba saja, pohon jati yang berada di sebelah rumahnya ambruk mengenai rumahnya.

Istri Agus, Siti Lestari, mengatakan angin disertai hujan yang terjadi pada Jumat malam lalu memang besar sekali. Dia melihat banyak pohon-pohon bergoyang kencang, dan beberapa tumbang.

"Lalu, pohon dekat rumah saya juga roboh, kena rumah," ujar dia.

Bukan cuma rumah Agus dan Siti, terjangan angin putting beliung juga membuat puluhan rumah lainnya rusak. Tercatat, ada sekitar 40 rumah yang mengalami kerusakan, dan satu sekolah SMKN 1 Nogosari.

Sebagian besar kerusakannya pada bagian atap rumah, termasuk di sekolah tersebut. Selain bangunan rumah, angin puting beliung juga menyebabkan kabel jaringan listrik serta telepon terputus akibat pohon-pohon tumbang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal