Doa Bersama untuk Bangsa, Gus Yasin: Musibah Angkat Martabat Kita

Antara ยท Jumat, 05 Oktober 2018 - 12:41 WIB
Doa Bersama untuk Bangsa, Gus Yasin: Musibah Angkat Martabat Kita

Seorang ibu pengungsi korban bencana gempa dan tsunami bermain dengan anaknya di tenda pengungsian di Lapangan Vatulemo, Palu, Sulteng, Selasa (2/10/2018). (Foto: Antara)

SEMARANG, iNews.id – Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen atau akrab disapa Gus Yasin menyakini bahwa musibah berupa bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia untuk mengangkat martabat umat manusia.

Hal tersebut disampaikannya seusai acara doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara yang dilaksanakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Kamis (4/10/2018) malam.

"Musibah itu datang untuk ingatkan kita. Bukan karena dosa kita terhadap Tuhan, tapi untuk menguji dan memperingatkan bahwa kita hanya manusia. Musibah untuk mengangkat martabat kita," kata Gus Yasin di Semarang.


BACA JUGA:

Aksi Para Penyelamat Internasional Cari Korban Gempa-Tsunami Sulteng

Ini Bantuan yang Dikirim 18 Negara untuk Korban Gempa Sulteng


Dia berharap musibah berupa bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng) membuat umat beragama semakin mempertebal iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dia juga meminta bencana itu tidak diartikan sebagai kesalahan dari segelintir orang, melainkan kelalaian umat manusia.

"Ayo kita beristigfar, bertobat, dan bersatu. Semoga Tuhan mengangkat NKRI dari kelemahan sehingga setelah musibah berlalu, Allah mengangkat martabat kita," ujarnya.

Gus Yasin sependapat dengan pernyataan Kiai Haji Mustofa Bisri (Gus Mus) beberapa waktu lalu yang mengibaratkan Indonesia sebagai tubuh manusia. "Jika salah satu anggota tubuh kita merasakan sakit, maka bagian tubuh lainnya juga ikut sakit," ucapnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jateng KH Ahmad Darodji menambahkan, melalui doa bersama ini, menaikan permohonan kepada Allah agar semua diselamatkan dari berbagai musibah dan bencana. "Semoga Allah juga memberikan berkah bagi kita semua," katanya.

Selain diikuti oleh ratusan santri, dan warga dari berbagai latar belakang, acara doa bersama juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono, dan pejabat di lingkungam Pemprov Jateng.


Editor : Donald Karouw