Dukung KPU, Aliansi Pemuda Kendal Kecam Klaim Kemenangan Sepihak

Eddie Prayitno ยท Kamis, 18 April 2019 - 17:55 WIB
Dukung KPU, Aliansi Pemuda Kendal Kecam Klaim Kemenangan Sepihak

Massa dari Aliansi Pemuda dan Masyarakat Kendal melakukan aksi damai di depan Kantor KPU, Kamis (18/4/2019). (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Massa dari Aliansi Pemuda dan Masyarakat Kendal melakukan aksi damai di depan Kantor KPU, Kamis (18/4/2019).

Aksi tersebut sebagai bentuk dukungan kepada lembaga tersebut untuk tetap fokus melakukan tahapan pemilu hingga selesai.

Massa mengecam pihak-pihak yang tidak menganggap KPU sebagai pelaksana pemilu dengan mengeluarkan keputusan sendiri sebelum ada hasil dari KPU.

Aksi damai massa ini dilakukan setelah beberapa pihak mengklaim sudah memenangkan pemilu dengan acuan penghitungan internal tanpa menungu hasil resmi dari KPU. Mereka menilai pihak-pihak yang menetapkan dirinya sebagai pemenang pemilu melecehkan lembaga pelaksana pemilihan umum ini. 

Dalam aksinya, massa membawa spanduk dukungan. Mereka kemudian menyampaikan pernyataan sikap yakni, siap mendukung KPU sebagai penyelenggara pemilu dan mematuhi aturan yang sudah disepakati bersama.

Massa menuding pihak-pihak yang menyatakan dirinya sebagai pemenang layaknya tukang bakso yang menghitung sendiri, mengumumkan sendiri dan menetapkan sendiri sebagai pemenang pemilu. “Seharusnya warga menghormati KPU dan menunggu hasil penghitungan suara dari KPU,” kata Koordinator aksi, Saiful Amar.

BACA JUGA:

Hasil Pilpres, Masyarakat Diminta Tenang Tunggu Real Count KPU

KPU: Hasil Quick Count Tidak Berkekuatan Konstitusional

Selain itu, Saiful juga mengecam aksi-aksi hoaks yang disebarkan untuk memprovokasi dan mengintimidasi KPU sebagai penyelenggara. “KPU sudah melaksanakan tahapan pemilu sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” katanya.

Komisioner KPU Kendal, Catur Rilis Pamungkas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kerja dan kinerja penyelenggara pemilu.

“Terima kasih atas dukungan masyarakat. Kami akan tetap bekerja. Saat ini, untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara dari TPS masih menunggu rekap di PPS dan PPK,” ujarnya.

Seusai menyampaikan sikap, massa kemudian membubarkan diri dengan tertib. Aksi damai itu juga mendapat pengawalan ketat petugas Polres Kendal bersenjata lengkap untuk mengantisipasi kericuhan.


Editor : Kastolani Marzuki