Ganjar Minta Produk Unggulan Daerah Dikemas Menarik agar Bisa Bersaing

Suryono · Rabu, 13 Maret 2019 - 18:03 WIB
Ganjar Minta Produk Unggulan Daerah Dikemas Menarik agar Bisa Bersaing

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan arahan pada musrenbangwil se-eks Karesidenan Pekalongan di Batang. (Foto: iNews.id/Suryono)

BATANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendorong setiap daerah di Jawa Tengah untuk meningkatkan potensi-potensi daerahnya masing-masing.

Menurut Ganjar, produk-produk unggulan daerah apabila dikemas dengan baik akan lebih menarik dan tidak kalah dengan produk luar negeri.

“Kalau kita sudah tampilkan maka di musrenbangwil ini harapannya mereka bisa menampilkan semuanya satu per satu. Quality control kita check begitu hasilnya baik, kita bisa tidak menstandarisasi, ini kelas yang dijual di pasar tradisional, supermarket, kelasnya nasional dan siap ekspor,” kata Ganjar saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) se-eks Karesidenan Pekalongan tahun 2019 yang digelar di Pendopo Bupati Batang, Rabu (13/3/2019).

BACA JUGA: Lewat Wayang Kulit, Warga Pekalongan Diajak Turunkan Angka Stunting

Menurut Ganjar, Pemprov Jateng akan memfasilitasi untuk memasarkan produk-produk unggulan daerah karena para duta besar di luar negeri terkadang meminta produk daerah yang layak jual.

“Duta besar kita kadang tanya apalagi yang bisa kita jual, kalau list-nya tidak ada, ya kita tidak bisa. Maka di kesempatan inilah saatnya mereka bisa menunjukkan produk-produk yang menjadi unggulan daerah masing-masing,” ungkap Ganjar.

Politisi PDIP ini menuturkan, tiap musrenbang pasti ada pameran produk-produk menarik yang dimiliki masyarakat. Sebenarnya, masyarakat punya kreativitas yang sangat luar biasa.

“Daerah-daerah  punya inovasi untuk mengolah limbah, plastik bisa jadi sepatu, tas maka kalau kita bicara re-use, recycle sebenarnya sudah berjalan. Ini menurut saya kreatif. Kalau kita bisa melakukan recycle semacam ini kita akan mengurangi penggunaan plastik,” kata Ganjar.

Musrenbangwil tersebut juga digelar pameran potensi daerah yang menampilkan produk-produk unggulan daerah baik berupa kerajinan maupun kuliner.

Sebelum memimpin kegiatan musrenbangwil, Ganjar didampingi Wakil Gubernur Taj Yasin menyempatkan meninjau stan-stan pameran yaitu, Kabupaten Batang, Kota dan Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Kota dan Kabupaten Tegal, serta Brebes.

Ganjar tertarik dengan aneka produk kerajinan, seperi kopi khas Batang, Makanan olahan emping , krupuk ikan, batik, tenun dan lainnya.  “Ini bagus sekali, menarik. Tolong ambilkan satu, akan saya pamerkan di depan nanti untuk sampel,” kata Ganjar.

Sejumlah peserta pameran mengaku sangat senang dengan adanya pameran produk hasil kreasi warga. "Kopi ini salah satu produk unggulan dari Batang, dan biasa meningkatkan kesejahteraan warga," kata Andri, warga Batang.

 


Editor : Kastolani Marzuki