Gara-Gara Bakar Sampah, Ruang Jenazah RSUD Salatiga Ludes Dilahap Api

Lurisa Lulu ยท Senin, 09 September 2019 - 07:45 WIB
Gara-Gara Bakar Sampah, Ruang Jenazah RSUD Salatiga Ludes Dilahap Api

Proses pemadaman api di ruang jenazah RSUD Salatiga. (Foto: iNews/Lurisa Lulu).

SALATIGA, iNews.id - Ruang jenazah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) ludes terbakar. Dugaan sementara kebakaran terjadi karena sambaran api dari pembakaran sampah di sekitar lokasi.

Insiden kebakaran di ruang jenazah terjadi pada Minggu (8/9/2019) sore kemarin. Untung tidak ada jenazah yang tersimpan di dalam kamar mayat tersebut saat api membakar ruangan itu.

"Api ini bukan dari korsleting listrik. Tapi dari pembakaran sampah yang menyambar," kata Direktur RSUD Salatiga, Sri Pamuji Eko Sudarto, di rumah sakit tersebut.

Menurut dia, saat terjadi kebakaran tersebut aktivitas di rumah sakit berjalan normal. Tiba-tiba saja ada karyawan di sana yang mengatakan terjadi kebakaran di ruang jenazah. Tidak lama kepulan asap mulai terlihat.

BACA JUGA: Tragis, Pria Paruh Baya di Banyumas Tewas Terpanggang saat Bakar Sampah

Saat itu juga, petugas keamanan langsung berusaha memadamkan api. Namun karena angin kencang dan banyak bahan-bahan mudah terbakar, api semakin besar.

"Setelah itu kami langsung menghubungi petugas damkar (pemadam kebakaran) dan kepolisian. Tidak lama, api berhasil dipadamkan," ujarnya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini, namun pihak RSUD Salatiga mengalami kerugian mencapai ratusan juta. Apalagi, ada freezer penyimpanan jenazah yang ikut terbakar dalam peristiwa tersebut.

"Untungnya juga memang sedang tidak ada jenazah di dalam ruangan itu," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal