Gembleng Akhlak, SMK Bina Utama Kendal Biasakan Siswanya Baca Alquran Tiap Jumat

Eddie Prayitno ยท Sabtu, 31 Agustus 2019 - 04:30 WIB
Gembleng Akhlak, SMK Bina Utama Kendal Biasakan Siswanya Baca Alquran Tiap Jumat

SMK Bina Utama Kendal menggembleng siswanya dengan membiasakan baca Alquran tiap Jumat sebelum pelajaran dimulai. (Foto: ilustrasi)

KENDAL, iNews.id - SMK Bina Utama Kendal menerapkan aturan baru bagi seluruh siswanya untuk membaca Alquran setiap  Jumat.

SMK Bina Utama juga menjadi satu satunya sekolah nasional yang mengadakan pondok pesantren selama satu pekan untuk semua siswanya.

Kepala SMK Bina Utama Susandari mengatakan, aturan membaca Alquran tiap Jumat sebelum pelajaran dimulai untuk menanamkan nilai agama lebih banyak ke siswa.

Meski bukan sekolah agama, kata dia, pendidikan mental sangat diperhatikan khususnya agama Islam karena mayoritas siswanya muslim.

"Gemblengan mental ini dilakukan agar para siswa selain sehat jasmani, akhlak dan budi pekerti bisa berimbang," kata Susandari, Jumat (30/8/2019).

Dia menjelaskan, rogram pembiasaan baca Alquran sebenarnya sudah dilakukan tahun sebelumnya, namun tahun ini mulai digalakkan dan mengadakan pondok pesantren khusus bagi seluruh siswa selama sepekan.

Dia berharap nantinya semua siswa memiliki karakter mental dan ahlak yang baik.

Selama sepekan, siswa mengikuti pesantren dan tidak diperkenankan pulang. Semua kebutuhan makan dan tidur disediakan sekolah nantinya.

"Metode pesantren ini dilakukan usai jam sekolah dilanjutkan dengan belajar agama dan mengkaji Alquran," Susandari.

Sementara itu, pengawas SMK Provinsi Jateng Sodiq Purwanto sangat mengapresiasi program di SMK Bina Utama.

"Ini satu-satunya dan yang pertama sekolah umum di Kendal yang menerapkan pembiasaan membaca Alquran dan pondok pesantren di sekolah," ujar Sodiq Purwanto.


Editor : Kastolani Marzuki