Gibran Daftar Jadi Kader PDIP untuk Persiapan Maju di Pilwalkot Solo 2020

Bramantyo ยท Senin, 23 September 2019 - 18:15 WIB
Gibran Daftar Jadi Kader PDIP untuk Persiapan Maju di Pilwalkot Solo 2020

Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mendaftar sebagai kader PDI Perjuangan. (Foto: Okezone).

SOLO, iNews.id - Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mendaftar sebagai kader PDI Perjuangan. Dia mengaku siap maju sebagai kandidat Calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2020 mendatang bila partai menugaskan dirinya.

"Nanti bisa ditanyakan ke Pak Rudy (Ketua DPC PDIP Solo) lagi. Yang jelas saya mengikuti arahan dan keputusan dari partai," kata Gibran kepada wartawan di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Solo, Senin (23/9/2019).

BACA JUGA: FX Hadi Sebut Gibran Rakabuming Datang Tanyakan Mekanisme Pencalonan Wali Kota

Gibran tiba di sana sekitar pukul 13.00 WIB. Dia mendaftar sebagai anggota sekaligus menganggil kartu tanda anggota (KTA) PDI Perjuangan. Dia juga tampak mengambil formulir pendaftaran bakal Calon Wali Kota Solo di Pilkada 2020 nanti.

Spanduk putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Jalan Ki Mangun Sarkoro, di persimpangan lampu merah Sate Pak Dahlan Kota Solo ditertibkan petugas Satpol PP karena tidak berizin. (Foto: Istimewa)

"Kedatangan saya hari ini untuk Menyerahkan formulir (keanggotaan) sekaligus mengambil KTA PDIP. Jadi Insya Allah, mulai hari ini saya sudah menjadi keluarga besar PDI," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Tim Seleksi Pendaftar calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota DPC PDI Perjuangan Kota Solo Putut Gunawan menyatakan, dalam pilkada ini partainya tidak membuka pendaftaran. Sebab, DPC PDIP sudah menyiapkan nama.

BACA JUGA: Temui Wali Kota Solo Hadi Rudyatmo, Gibran: Saya Hanya Tukar Pikiran

Mereka yakni pasangan Ahmad Purnomo dan Teguh Prakoso untuk selanjutnya diajukan ke DPP PDIP agar mendapatkan rekomendasi maju di Pilwalkot Solo. Namun dengan mendaftarnya Gibran, keputusan tersebut mendadak berubah kembali.

"Semua persyaratan mas Gibran sudah lengkap sudah seijin dari pengurus ranting," kata Ketua PAC PDIP Joko Santoso.

Sebelumnya, spanduk dukungan terhadap Gibran maju dalam Pilwalkot Solo bermunculan di sejumlah titik. Belasan spanduk tersebut dicopot petugas Satpol PP Kota Solo karena tak mengantongi izin.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal