Gunung Merapi Letuskan Awan Panas, Hujan Abu Tipis Muncul di Magelang dan Boyolali

Antara, Tata Rahmanta ยท Sabtu, 09 November 2019 - 11:10 WIB
Gunung Merapi Letuskan Awan Panas, Hujan Abu Tipis Muncul di Magelang dan Boyolali

Visual Gunung Merapi pascaletusan awan panas, dari Kabupaten Boyolali, Jateng, Sabtu pagi (9/11/2019). (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

MAGELANG, iNews.id – Letusan awan panas Gunung Merapi pada Sabtu (9/11/2019), pagi mengakibatkan hujan abu tipis di beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Daerah tersebut di antaranya di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali.

“Beberapa desa yang terkena hujan abu tipis di Magelang antara lain di Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan dan Babadan, Kecamatan Dukun,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Kabupaten Magelang Edy Susanto.

Menurut dia, letusan Gunung Merapi tidak berdampak signifikan pada masyarakat. Sebab, hujan abu tipis tersebut tidak berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat. “Masyarakat tetap beraktivitas ke ladang seperti biasa,” katanya.

 

BACA JUGA: Gunung Merapi Letuskan Awan Panas Sabtu Pagi Setinggi 1,5 Km dari Puncak

 

Petugas pengamatan Gunung Merapi Pos Babadan Magelang, Yulianto mengatakan, selain beberapa desa di Kabupaten Magelang, hujan abu tipis juga terjadi di Tlogolele wilayah Kabupaten Boyolali.

“Letusan pagi ini tidak membuat masyarakat panik karena mereka sebelumnya telah mendapatkan sosialisasi,” ujarnya.

Yulianto mengatakan, setelah terjadi letusan tahun 2010, letusan Gunung Merapi cenderung kecil. Hingga sekarang status aktivitas Gunung Merapi tetap waspada atau Level II.

Sementara Petugas Pengamatan Gunung Merapi Pos Jrakah Ngadiyo juga mengimbau masyarakat tetap tenang pascaletusan awan panas Gunung Merapi. Masyarakat diminta tetap beraktivitas seperti biasa sambil memantau informasi dari sumber terpercaya.


Editor : Maria Christina