H-1 Lebaran, Satpol PP Kendal Temukan Produk Kedaluwarsa di Minimarket

Eddie Prayitno ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 15:44 WIB
H-1 Lebaran, Satpol PP Kendal Temukan Produk Kedaluwarsa di Minimarket

Petugas Satpol PP mendata makanan dan minuman kedaluwarsa di minimarket kawasan Kendal. (Foto: iNews?Eddie Prayitno).

KENDAL, iNews.id - Jelang lebaran, petugas Satpol PP di Kendal menemukan 29 produk makanan dan minuman kedaluwarsa dijual bebas di sebuah minimarket Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Seksi Dalops Satpol PP Kendal, Sido Rokhim mengatakan, petugas sebelumnya mendapat aduan dari masyarakat. Bekerja sama dengan dinas kesehatan (dinkes), tim diturunkan ke TKP tersebut.

"Kita melakukan pengecekan di sini untuk menindaklanjuti aduan dari masyarakat. Dilaporkan, ada produk kedaluwarsa masih dipajang," kata Rokhim, Selasa (4/6/2019).

BACA JUGA: Razia Makanan, Petugas Temukan Kue Kering Lebaran Kedaluwarsa

Saat memeriksa produk yang dijual, petugas mendapati banyak makanan dan minuman yang kedaluwarsa. Rata-rata diletakkan di bagian belakang dicampur dengan makanan yang masih layak konsumsi.

Pantauan iNews, sempat terjadi adu mulut antara Petugas Satpol PP dengan karyawan minimarket. Ada 29 makanan dan minuman kedaluwarsa yang dipajang bebas untuk diperjualbelikan ke masyarakat.

"Selanjutnya, kami akan lakukan pembinaan terhadap karyawan minimarket," ujarnya.

BACA JUGA: Satpol PP Temukan Makanan Kedaluwarsa dan Ikan Formalin di Pasar

Petugas kemudian mendata makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa ini dan meminta tidak dijual lagi di rak makanan. Mereka meminta karyawan mengecek tanggal kedaluwarsa makanan dan minuman sebelum dijual bebas.

"Kami minta supaya barang-barang ini disimpan, atau dikembalikan ke pabrik agar diganti yang baru," kata Rokhim.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal