Hari Difabel Internasional, Warga Disabilitas di Solo Bagikan 200 Wadah HP dan Makanan

Ary Wahyu Wibowo ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 23:00 WIB
Hari Difabel Internasional, Warga Disabilitas di Solo Bagikan 200 Wadah HP dan Makanan

Warga difabel yang tergabung dalam kelompok SHG Solo membagikan paket makanan dan wadah HP ke pengendara di Jalan Slamet Riyadi, Solo. (Foto: SINDOnews)

SOLO, iNews.id – Warga disabilitas yang tergabung dalam kelompok Self Help Group (SHG) Solo membagikan ratusan kerajinan wadah handphone (HP) dan makanan dalam rangka memperingati Hari Difabel Internasional.

Aksi sosial itu dilakukan kepada para pengendara yang berhenti di lampu merah Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Selasa (3/12/2019).

Anggota SH Solo, Sarmiyati mengatakan, kegiatan berbagi kasih dalam rangka memperingati Hari Disabilitas telah dilakukan SHG Solo sejak tiga tahun terakhir. Tahun ini, kata dia, suvenir yang dibagikan adalah wadah HP dan paket makanan. Dana untuk pembagian suvenir maupun makanan berasal dari kantong anggota SHG Solo.

“Kami mengumpulkan sedikit demi sedikit untuk berbagi sesama kan bisa. Bukan kami mengharapkan bantuan, tapi kami juga bisa berbagi,” kata Sarmiyati.

BACA JUGA: Amnesty: Jutaan Penyandang Disabilitas Paling Terdampak Perang Yaman

Menurut Sarmiyati, SHG Solo mendorong seluruh anggotanya untuk mandiri dan tidak meminta bantuan dana kepada orang lain. Tempat HP dan makanan yang dibagikan jumlahnya masing masing sekitar 200.

Tempat HP yang terbuat dari kain, merupakan karya anggota SHG. Sarmiyati berharap dengan kegiatan itu SHG ingin menunjukkan bahwa disabilitas ada dan mampu untuk produktif.

“Jadi jangan dinilai negatif sebagai peminta minta. Tapi kami juga bisa produktif dan memberi,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki