Hari Ketiga PPDB, SMP 2 Kendal Sudah Kelebihan Kuota Calon Siswa

Eddie Prayitno ยท Rabu, 19 Juni 2019 - 17:59 WIB
Hari Ketiga PPDB, SMP 2 Kendal Sudah Kelebihan Kuota Calon Siswa

Pendaftar siswa baru di SMP 2 Kendal sudah melebihi kuota pada hari ketiga PPDB. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) di Kendal sudah kelebihan kuota pendaftar calon siswa baru, padahal penerimaan peserta didik baru (PPDB) baru tiga hari dibuka.

Di SMP Negeri 2 Kendal misalnya, jumlah pendaftar yang masuk mencapai 360 calon siswa, padahal daya tampung sekolah ini hanya 256 orang. Nantinya, 100 calon siswa yang tidak diterima akan dialihkan ke sekolah lain.

Ketua Panitia PPDB SMP 2 Kendal, Nadirin mengatakan, di hari ketiga penerimaaan siswa baru sudah melebihi kouta. “Sekolah membutuhkan siswa sebanyak 256, sedangkan pendaftar sampai hari ketiga ini sudah mencapai 360 calon siswa,” katanya, Rabu (19/6/2019).

BACA JUGA: Wali Murid dan Siswa Berprestasi di Kendal Keluhkan Sistem Zonasi PPDB SMP

Dia menjelaskan, siswa yang tidak masuk kuota nanti otomatis akan disalurkan ke sekolah terdekat. Siswa tidak harus mencabut berkas atau mendaftar lagi karena sistem otomatis akan menyalurkan ke sekolah terdekat.

"Karena ini sistemnya online, nanti kelebihan calon siswa ini akan kita salurkan ke SMP 1 Kendal, SMP 1 Patebon dan SMP lain," katanya.

Orang tua siswa, Fitra merasa kesulitan anaknya bisa diterima di SMP 2 Kendal, selain berada diperingkat bawah, juga sudah melebihi kuota. “Saya masih bingung dengan sistem pendaftaran sekarang. Saya cabut berkas dan pindah ke sekolah lain, tapi harus ke dinas dulu. Ini yang saya tidak tahu,” katanya.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Parno mengatakan, untuk penerimaan siswa baru tingkat SMP menggunakan sistem zonasi tidak menggunakan ranking nilai. “Siapa yang masuk dalam zonasi dan mendaftar lebih cepat itu yang akan diterima,” katanya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa menegaskan, jangan ada pungutan dalam PPDB. “Jika ada pungutan atau kecurangan dalam pelaksanaan PPDB, silakan laporkan dan akan segera ditindak lanjuti,” ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki