Haul Wali Gembyang di Kendal, 800 Porsi Lontong Opor Ludes Disantap Warga

Eddie Prayitno ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 16:47 WIB
Haul Wali Gembyang di Kendal, 800 Porsi Lontong Opor Ludes Disantap Warga

Warga menikmati lontong opor yang disediakan komunitas relawan sedekah dalam haul Wali Gembyang di Kendal. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Sebanyak 800 porsi lontong opor yang disiapkan komunitas sedekah di Kendal ludes disantap masyarakat yang hadir di peringatan haul Wali Gembyang, Kamis (13/6/2019).

Tidak hanya lontong opor yang dibagikan, komunitas sedekah ini juga menyiapkan minuman dan buah-buahan secara gratis. Tradisi menikmati lontong opor gratis ini selain memperingati haul Wali Gembyang, juga menyambut Lebaran Ketupat.

Tradisi menyantap lontong opor ditambah irisan daging ayam dan sambal goreng tahu ini sudah turun temurun dilaksanakan warga yang hadir di haul Wali Gembyang.

Relawan komunitas sedekah, Puji Mulyadi mengatakan, tradisi menyiapkan lontong opor untuk pengunjung haul Wali Gembyang sudah ada sejak dulu. Tradisi berbagi ini terus dilestarikan dan tiap tahun selalu bertambah dengan menyiapkan minuman dan buah-buahan.

“Pedagang asongan yang menjajakan makanan di acara ini diborong relawan dan dibagikan secara gratis kepada pengunjung haul,” katanya.

Usai haul dan pembacaan doa, pengunjung langsung menikmati lontong opor yang sudah disiapkan. Satu per satu relawan membagikan lontong opor agar tidak berebut. Warga mengaku senang dengan makanan gratis ini.

“Ya senang, soalnya bisa makan lontong opor di Lebaran Ketupat dan mengharap berkah dari haul Wali Gembyang,” kata Parmina, warga Kendal.

Haul Wali Gembyang dilaksanakan setiap tanggal 9 Syawal dengan kegiatan pembacaan tahlil serta pengajian di kompleks makan Wali Gembyang di Kelurahan Patukangan, Kota Kendal.


Editor : Kastolani Marzuki